Masuk
Bahasa 

Fitriah Nadilla

22 Februari 2018

Saya anak SMK jurusan Multimedia kelas 11 yang berharap banget tahun depan bisa lolos ptn. Jika saya berharap masuk IPB apa bisa?

Tulis Jawaban

minimal 15 karakter

Admin Edumor

23 Februari 2018 - 17:54

Semua calon mahasiswa tentunya sangat berharap agar dapat masuk ke PTN yang diinginkan. Dan tentunya tidaklah mudah untuk mewujudkan impiannya itu. Banyak step yang harus mereka lewati.

Jika kamu ingin masuk ke PTN ada 3 jalur seleksi, yaitu : SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri.
Umumnya, kalo kamu memilih jalur SNMPTN pilihlah 3 jurusan yang sejalan dengan jurusanmu di SMK. Contohnya, desain grafis, ilmu komputer, desain komunikasi visual, dll.

Kalo kamu memilih jalur SBMPTN, perbanyaklah latihan-latihan soal sbm. Untuk jalur sbm ini kamu bisa lintas jurusan (tidak harus sesuai jurusan kamu di smk)

Selain SNMPTN dan SBMPTN, kamu juga bisa ikut jalur mandiri PTN. Jalur ini merupakan penerimaan mahasiswa baru di suatu PTN yang diadakan dan dikelola sendiri oleh perguruan tinggi tersebut.

Jenis-jenis Seleksi Mandiri PTN
Karena dikelola sendiri oleh masing-masing PTN, maka ragam seleksi mandiri S1 PTN berbeda-beda. Beberapa mekanisme Seleksi Mandiri PTN yaitu:

- Ujian Mandiri/Tulis: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri S1 PTN dengan mengadakan ujian / tes. PTN yang memakai mekanisme seleksi ini antara lain: UI, UNDIP, UGM, IPB, UNY, Unnes, dll.
- Seleksi Raport / PMDK: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri S1 PTN dengan melakukan seleksi raport / prestasi. PTN yang memakai mekanisme seleksi ini antara lain: UGM (PBUTM), Unnes (Jalur Prestasi)
- Seleksi Melalui Nilai SBMPTN: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri S1 PTN dengan melihat nilai SBMPTN siswa. Jadi PTN tidak mengadakan tes, tetapi cukup melihat hasil SBMPTN calon mahasiswa untuk kemudian dirangking. Jadi pendaftar harus ikut SBMPTN sebelumnya. PTN yang tahun 2017 ini memakai mekanisme ini antara lain: ITS, UNHAS, UNS, Unair, UB, UPN Jakarta, UPI

0    0    Reply
Laporkan Jawaban