Masuk
Bahasa 


Teknologi Pasca Panen

Deskripsi

Teknik pasca panen adalah pemanfaatan ilmu teknik dalam kegiatan pensortiran, pengemasan, pengaturan temperatur, transportasi, dan penyimpanan sementara bahan biologis pertanian. Aktivitas pasca panen melindungi kualitas produk pertanian yang dipanen. Pensortiran misalnya, diperlukan agar mengetahui apakah produk memenuhi kriteria standar kualitas untuk dipasarkan, dan memisahkan antara bahan yang berbeda kualitasnya. Secara singkat, pasca panen adalah aktivitas yang dilakukan terhadap hasil pertanian yang telah dipanen tanpa mengubah susunan kimiawinya dan wujud fisiknya secara signifikan. Secara garis besar, pemanfaatan ilmu teknik pada kegiatan pasca panen meliputi pemantauan sifat fisik dan kimiawi bahan pertanian dan penggunaan teknologi dalam menangani bahan pertanian setelah pemanenan.

Kenapa Memilih Jurusan Ini?

Bidang Pertanian, perkebunan, dan perikanan sekarang ini sudah mulai berkembang pesat walaupun peminat program studi ini masih sedikit. Walaupun demikian, jurusan ini cocok bagi kamu yang memiliki keinginan memajukan pertumbuhan pertanian, perkebunan, dan perikanan Indonesia.

Prospek kerja

Lulusan prodi Pasca Panen tak hanya memiliki kesempatan bekerja di pertanian, tapi bisa bekerja di perkebunan, dan perikanan swasta maupun Pemerintah.

Jalur Pendidikan