Masuk
Bahasa 


Teknik Sipil

Deskripsi

Teknik Sipil merupakan jurusan kuliah yang membahas tentang teknologi perancangan, pembangunan, pemeliharaan, dan renovasi bangunan dan atau fasilitas umum. Dalam berbagai aktifitas keteknikan sipil, para pelakunya juga harus memperhatikan fungsi dari fasilitas yang dibangunnya untuk masyarakat. Beberapa bentuk karya bidang Teknik Sipil, misalnya rumah sakit, gedung sekolah, jalan raya, jembatan, bendungan, dan lain sebagainya. Mungkin masih ada diantara kita yang masih bingung apa yang membedakan jurusan kuliah arsitektur dengan jurusan kuliah teknik sipil. Perbedaannya adalah jurusan kuliah arsitektur berfokus pada bagaimana merancang bentuk bangunan yang indah dengan memperhatikan efisiensi dan efektifitas penggunaannya. Sedangkan jurusan kuliah teknik sipil biasanya akan menjadi pelaksana atau eksekutor dari rancangan yang telah dibuat oleh seorang arsitek. Dalam eksekusi pembangunan tersebut, seorang ahli teknik sipil harus menguasai teknik manajemen kerja serta memastikan penggunanan sumber daya dalam proses perancangan (bisa dilakukan bersama arsitek) pembangunan dilakukan secara efisien dan efektif. Ilmu sipil juga membahas tentang perawatan, pemeliharaan dan perbaikan yang menunjang daya tahan suatu bangunan.

Jurusan Teknik sipil terbagi menjadi beberapa peminatan, meliputi:

– Ilmu Struktur

-Teknik Transportasi

-Teknik Hidrologi

-Geoteknik

-Manajemen Kontruksi

-Kontruksi Ekonomi & Kuantitas Survey

-Rekayasa Struktural, dll.


Kuliah Teknik Sipil kamu bisa belajar beberapa mata kuliah yang tersedia seperti:

– Fisika Dasar

– Kimia Dasar

– Menggambar Teknik

– Statistika dan Probalitas

– Teknologi Bahan Konstruksi

– Mekanika Bahan

– Mekanika Fluida

– Mekanika Tanah

– Ilmu Lingkungan

– Teknik Lalu Lintas

– Irigasi dan Bangunan Air

– Teknik Pondasi

– Analisis Numerik

– Hidrometri

– Perancangan Daerah Irigrasi

– Drainase Perkotaan

– Perencanaan Bendung

– Teknik Pantai

– Pengembangan Sumber Daya Air, dll.


Kenapa Memilih Jurusan Ini?

Sebuah bangunan, jembatan, jalan atau proyek konstruksi yang monumental tidak lepas dari sentuhan seorang Teknik Sipil yang handal. Bukan hanya monumental namun proyek tersebut akan tereksekusi dengan efisien dan memiliki daya tahan yang teruji. Jurusan Teknik Sipil tepat buat kamu yang menyukai analisa dan manajemen kerja, serta kalkulasi dan perencanaan dalam mendirikan bangunan, membangun jalan, jembatan, dan berbagai konstruksi lainnya.

Prospek kerja

Lulusan Teknik Sipil sama halnya dengan lulusan Arsitektur yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan dan industri kontraktor seperti perusahaan kontraktor miliki BUMN, menjadi insinyur kontraktor, konsultan proyek, insiyur sipil, dll.

Karir terkait
Jalur Pendidikan