Masuk
Bahasa 


Teknik Metalurgi

Deskripsi

Teknik Metalurgi adalah bidang ilmu keteknikan yang membahas tentang proses pengolahan mineral (termasuk pengolahan batubara), proses ekstraksi logam dan pembuatan paduan, hubungan perilaku sifat mekanik logam dengan strukturnya, proses penguatan logam serta fenomena-fenomena kegagalan dan degradasi logam. Cakupan bidang ilmu yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari pada program studi ini sangat luas. Mulai dari badan dan mesin mobil, badan pesawat, plastik kemasan, alat komunikasi, keramik insulator, filament x-ray yang terbuat dari metallic powder hingga material tercanggih yang ada saat ini seperti titanium dan fiber composites yang digunakan pada pesawat luar angkasa, ginjal buatan, body implants dan superkonduktor, dan lain-lain.

Kenapa Memilih Jurusan Ini?

Lulusan Teknik Metalurgi dapat bekerja di perusahaan pertambangan, perusahaan minyak dan gas, dll. Yang konon katanya gajinya sangat menggiurkan. Berminat?

Prospek kerja

Lapangan pekerjaan yang terbuka bagi lulusan metalurgi adalah bekerja di Industri pertambangan, Industri ekstraksi dan peleburan logam, Industri baja, Industri logam non-baja, Industri manufaktur, Industri perminyakan dan gas, serta Perdagangan dan pemasaran bahan logam dan paduan logam,

Jalur Pendidikan