Masuk
Bahasa 


Teknik Kimia

Deskripsi

Teknik kimia adalah cabang dari ilmu teknik, yang mempelajari cara memproses bahan baku dan bahan kimia menjadi barang yang lebih berguna.
Teknik kimia menerapkan prinsip-prinsip kimia, biologi, fisika dan matematika untuk menyelesaikan berbagai masalah dan tantangam yang dihadapi dalam proses produksi kimia, bahan bakar, obat-obatan, makanan dan produk lainnya. Ada banyak bidang spesialisasi teknik kimia dan material. Beberapa contohnya adalah oksidasi (memanfaatkan reaksi oksigen dengan kimia lain untuk menghasilkan unsur kimia lain), polimerisasi (membuat plastik atau resin), nanomateri, hingga teknik biologi. Selama kuliah, mahasiswa teknik kimia akan mempelajari sifat dan struktur besi, keramik, plastik, komposit, nanomateri (partikel-partikel kecil), serta zat-zat lainnya untuk menghasilkan materi lain yang memenuhi standar mekanik, elektrik dan kimia yang diminta atau dibutuhkan.
Jurusan ini mengajarkan cara merancang alat-alat berat yang digunakan untuk produksi skala besar, merencanakan dan menguji metode produksi, dan pemeliharaan fasilitas, supaya produksi dapat berjalan lancar.

Kenapa Memilih Jurusan Ini?

Setiap produksi pembuatan bahan baku makanan, minuman, obat-obatan, peralatan dan perlengkapan sehari-hari, plastik, besi, dan sebagainya tidak pernah lepas dengan menggunakan bahan-bahan kimia. Selain jurusan Farmasi yang mempelajari cara kerja dan zat kimia, di jurusan Teknik Kimiapun kamu akan mendapatkan wawasan mengenai Ilmu Kimia lebih lanjut. Jurusan Teknik Kimia dapat mempelajari ilmu kimia secara teori maupun praktek. Bagi kamu yang memiliki minat dan kemampuan akan tenik di bidang Kimia, jurusan Teknik Kimialah pilihan paling tepatnya.

Prospek kerja

Diberbagai industri dan perusahaan produksi pasti membutuhkan tenaga ahli dibidang Teknik Kimia yang berguna untuk studi kelayakan zat kimia yang terkandung agar tidak merugikan si konsumen. Contoh industri seperti industri minyak dan gas, industri makanan dan minuman, industri obat-obatan, industri perawatan kecantikan, dll.

Jalur Pendidikan