Masuk
Bahasa 


Teknik Informatika

Deskripsi

Jurusan Teknik Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari hal berkaitan dengan menganalisa, merancang, membuat, mengembangkan, dan mengimplementasikan suatu program hardware dan software berbasis komputer yang dilihat dan dikerjakan dari segi teknik. Tentunya jurusan Teknik Informatika ini tidak sama dengan jurusan Teknik Komputer. Terkadang banyak orang yang suka menyamakan Teknik Informatika dengan Teknik Komputer. Emang apa sih bedanya Teknik Komputer dengan Teknik Informatika? Teknik Komputer itu pekerjaan yang dilakukan dalam bentuk menganalisa sampai mengimplementasikan program komputer hanya hardwarenya saja. Dan jurusan Teknik Komputer tidak jauh berbeda dengan kegiatan bongkar-membongkar perangkat keras komputer.

Beberapa pilihan peminatan atau konsentrasi jurusan Teknik Informatika, antara lain:

Mobile Application Technology

Data Center Network

Creative Multimedia Technology

Database

Computer Engeneering, dll


Mata kuliah yang diajarkan di jurusan Tekik Informatika:


Aljabar Linear

Analisa Sistem Informasi

Kalkulus

Analisa Perancangan Sistem

Arsitektur dan Organisasi Komputer

Data Ware House

E-Commerce

Bahasa Rakitan

Teori Bahasa dan Automata

Jaringan Komputer

Interaksi Manusia dan komputer, dll.

Kenapa Memilih Jurusan Ini?

Saat ini dunia telah memasuki era digital alias segala bidang pekerjaan banyak dikerjakan dengan menggunakan teknologi, sehingga masyarakat setempat menggunakan ragam teknologi untuk keperluan rumah tangga, sekolah, kuliah, dan bekerja. Saat ini, jurusan perkuliahan yang sedang berkembang pesat di bidang teknologi salah satunya adalah jurusan Teknik Informatika. Di kalangan anak-anak muda, jurusan ini gak kalah keren dan memiliki prospek kerja yang gak kalah keren juga dari jurusan lainnya. Nah, buat kalian yang punya hobi dan kemampuan coding atau suka mengkotak-katik codingan web, software, dan aplikasi, jurusan Teknik Informatika bisa jadi pilihan terbaik buat kalian.

Prospek kerja

Di zaman digital seperti ini hampir seluruh perusahaan membutuhkan tenaga IT untuk membuat dan mengembangkan sebuah hardware dan software kebutuhan Perusahaan. Oleh karena itu, pekerjaan di bidang IT sangatlah bervariasi dan memiliki masa depan yang cerah. Lagipula pekerjaan di bidang IT masuk ke dalam daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia dan dunia.

Karir terkait
Android Developer

Android Developer

Software

Rp 1.500.000 - Rp 14.000.000
Data Analyst

Data Analyst

Rp 1.500.000 - Rp 25.500.000
Database Administrator

Database Administrator

Rp 2.500.000 - Rp 8.000.000
Programmer

Programmer

Software

Rp 2.000.000 - Rp 25.000.000
Software Engineer

Software Engineer

Software

Rp 1.500.000 - Rp 37.500.000
Web Designer

Web Designer

Rp 900.000 - Rp 14.000.000
Web Developer

Web Developer

Software

Rp 300.000 - Rp 19.500.000
Jalur Pendidikan