Masuk
Bahasa 


Statistika

Deskripsi

Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang cara mengumpulkan, menabulasi, menggolog-golongkan, menganalisis dan mencari keterangan yang berarti dari data yang berupa angka atau singkatnya adalah ilmu yang mempelajari tentang pengolahan data. Sebenarnya juga ada program keahlian statistika di jurusan matematika, tapi di jurusan statistika ini, tentu saja akan diajarkan lebih banyak dan luas dibanding dengan program keahlian statistika di jurusan matematika.

Di sekitar kita, banyak sekali kebutuhan akan data yang harus diolah dan disajikan dalam bentuk analisa yang berguna bagi kemajuan bahkan peramalan keadaan masa depan. Disinilah ilmu statistika bermain, jadi statistika mendesain agar data-data tersebut dapat berguna atau akurat dalam pengambilan keputusan. Misalnya nih, statistisi atau statistician (sebutan lulusan statistika) mencari data tren penjualan sebuah barang di tahun berjalan, kemudian data-data tersebut diolah dan disajikan untuk mengambil keputusan, apakah akan melanjutkan produksi atau tidak. Atau menganalisis beban kerja pegawai yang akan digunakan dalam pertimbangan kebutuhan rekrutmen perusahaan.


Mata kuliah yang diajarkan di jurusan Statistika:

Matematika Dasar
Metode Statistika
Pengantar Himpunan dan Statistika
Metode Statistika
Matriks dan Ruang Vektor
Pengantar Ilmu Kehidupan
Pengantar Ilmu Ekonomi
Pengantar Teori Peluang
Statistika Matematika
Analisis Regresi
Analisis Numerik
Statistika Non Parametrik
Struktur Data
Pemrograman Linier
Teknik Optimasi, dll.

Kenapa Memilih Jurusan Ini?

Statistika merupakan jurusan yang langka, namun lulusannya banyak diincar oleh perusahaan-perusahaan besar.

Prospek kerja

Ilmu Statistika ini dibutuhkan oleh istansi seperti lembaga Pemerintah, Perbankan dan Investasi, sektor riset dan pengembangan, dan perusahaan atau organisasi swasta

Karir terkait
Ahli Statistik

Ahli Statistik

Rp 2.000.000 - Rp 15.000.000
Jalur Pendidikan