Masuk
Bahasa 


Psikologi

Deskripsi

Buat kalian yang merasa pengen kuliah jurusan Psikologi, sebaiknya cari tahu mengenai jurusan tersebut sebelum mempertimbangkannya. Kadang kala tidak sedikit calon mahasiswa yang main asal pilih jurusan hanya karena gengsi dan tiba-tiba berakibat pada salah jurusan. Jurusan Psikologi itu memang apa sih? Nih ya guys, jadi Psikologi itu jurusan yang mempelajari seluk belum mengenai interpersonal dan intrapersonal seseorang terhadap kepribadian, prilaku, dan emosi orang tersebut dari ia masih kecil sampai tua nanti. Setiap mahasiswa bisa mempelajari bagaimana kepribadian, prilaku, dan emosi dapat berubah-ubah, apa penyebabnya, dll. Dalam kehidupan sehari-hari ilmu Psikologi diperlukan untuk mengukur seberapa besar kondisi psikologi dan membentuk karakter yang dimiliki seseorang supaya tumbuh lebih baik lagi. Setiap manusia diciptakan Tuhan dengan kondisi Psikologi yang berbeda-beda. Dimana kondisi Psikologi itu tergantung faktor lingkungannya. Pada hakekatnya dan sebagian besar pula pembentukan Psikologi seseorang berawal mula dari bagaimana cara orangtua mendidik si anak. Jurusan Psikologi ini dapat dipelajari oleh berbagai lulusan SMA IPA IPS maupun lulusan SMK semua jurusan. Cuman, dari tahun ke tahun sebagian besar jurusan Psikologi lebih banyak diminati oleh lulusan SMA IPS ketimbang SMA IPA di semua perguruan tinggi swasta dan negeri.

Peminatan jurusan Psikologi terbagi menjadi beberapa peminatan, yang meliputi:
– Psikologi Umum dan Eksperimental

– Psikologi Klinis

– Psikologi Perkembangan

– Psikologi Industri dan Organisasi

– Psikologi Pendidikan

– Psikologi Sosial, dll

Kenapa Memilih Jurusan Ini?

Jurusan Ilmu Psikologi banyak diminati oleh lulusan IPA maupun IPS. Di beberapa perguruan tinggi, Psikologi ada dimasukan ke dalam kategori jurusan IPA dan ada pula kategori jurusan IPS. Jurusan ini tentunya menarik. Melalui jurusan ini kamu bisa mempelajari dan mengenal prilaku, karakter, dan emosi yang sedang dialami oleh seseorang. Tentunya Ilmu Psikologi ini ada kaitannya dengan ilmu Sosiologi dan Ilmu Psikiatris. Jurusan ini sesuai dengan karaktermu yang sedang memahami perasaan orang lain, bisa menjaga rahasia orang, memiliki kemampuan dalam memecahkan permasalah seseorang, selalu menjadi pendengar yang baik, pandai menganalisis, dll.

Prospek kerja

Lulusan ini bermanfaat bagi setiap perusahaan, industri, lembaga, organisasi, instansi, dan institusi. Para lulusan Psikologi memanglah banyak dibutuhkan untuk mengenal jauh prilaku, karakter, dan kepribadian seserorang. Bahkan Ilmu Psikologi sendiri dibutuhkan dalam proses penerimaan karyawan baru.

Jalur Pendidikan