Masuk
Bahasa 


Oseanografi

Deskripsi

Oseanografi terdiri dari dua kata: oceanos yang berarti laut dan graphos yang berarti gambaran atau deskripsi (bahasa Yunani). Secara sederhana kita dapat mengartikan oseanografi sebagai gambaran atau deskripsi tentang laut. Dalam bahasa lain yang lebih lengkap, oseanografi dapat diartikan sebagai studi dan penjelajahan (eksplorasi) ilmiah mengenai laut dan segala fenomenanya. Laut sendiri adalah bagian dari hidrosfer. Seperti kita ketahui bahwa bumi terdiri dari bagian padat yang disebut litosfer, bagian cair yang disebut hidrosfer dan bagian gas yang disebut atmosfer.

Kenapa Memilih Jurusan Ini?

Indonesia memiliki kekayaan dan keindahan laut yang melimpah. Sayangnya dalam bidang kelautan seperti Oseanografi masih sepi peminatnya tapi memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan. Dengan demikian untuk masuk ke prodi Oseanografi lebih ditekankan bagi lulusan SMA IPA.

Prospek kerja

Walau masuk dalam kategori sepi peminat, jurusan ini dapat bekerja di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pusat Pengembangan dan Penerapan Geologi Kelautan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional, dan Dinas Hidrografi Oseanografi.

Jalur Pendidikan