Masuk
Bahasa 


Manajemen Hutan

Deskripsi

Manajemen hutan adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pengelolaan dan penggunaan hutan untuk memenuhi tujuan terintegrasi dari lingkungan, ekonomi, sosial dan budaya. Jurusan Manajemen Hutan memiliki bertujuan membantu mahasiswa untuk menguasai dasar-dasar ilmiah dan ketrampilan tertentu dalam bidang kehutanan sehingga mampu untuk menemukan, memahami dan menjelaskan serta merumuskan metode penyelesaian masalah secara profesional. Mahasiswa Jurusan Manajemen Hutan diharapkan dapat menguasai teknik pengelolaan hutan secara optimal dan berkelanjutan, metode rehabilitasi dan konservasi hutan, cara pengembangan kehutanan masyarakat dan membuat rekomendasi terkait berbagai masalah kehutanan.

Kenapa Memilih Jurusan Ini?

Indonesia masih memiliki hutan, walaupun tidak banyak dan hampir seluruhnya berada di dalam kawasan konservasi. Walaupun sedikit, bidang kehutanan masih hidup dan akan terus diusahakan untuk terus berkembang oleh orang-orang yang concern dengan bidang ini. Jurusan Manajemen Hutan di berbagai perguruan tinggi adalah salah satu kelompok institusi yang akan terus memperjuangkan kelangsungan hutan di Indonesia agar tetap lestari sekaligus memanfaatkannya untuk kemaslahatan penduduk Indonesia.

Prospek kerja

Walau peminatnya terbilang sedikit sekali, lulusan Manajemen Hutan memiliki kesempatan kerja di bidang kehutanan yang dikelolah oleh Kementerian Kehutanan, Dinas Kehutanan, BUMN, sektor swasta, dan sebagainya.

Jalur Pendidikan