Masuk
Bahasa 


Komunikasi Penerbangan

  • Pelajaran terkait

    TIK
  • Kategori

    -
  • Penjurusan

    IPA/IPS
Deskripsi

Dalam dunia penerbangan, komunikasi yang terjadi antara Pilot dan petugas pengontrol di darat atau disebut pengatur lalu lintas penerbangan dan juga antar petugas di darat menggunakan alat komunikasi yang disebut Peralatan komunikasi antar stasiun penerbangan dan Peralatan komunikasi lalu lintas penerbangan. Ilmu ini dalam tingkat pendidikan tinggi dinamakan Komunikasi Penerbangan. Komunikasi Penerbangan adalah program diklat yang menyiapkan Sumber Daya Manusia personil penerbangan yang terampil di bidang pendistribusian ATS / Air Traffic Service Messages khususnya dalam penggunaan fasilitas AFTN (Aeronautical Flight Telecommunication Network).


Kenapa Memilih Jurusan Ini?

Mahasiswa Komunikasi Penerbangan diberikan pembelajaran dalam mengontrol lalu lintas udara di bandara-bandara kelas III atau bandara AFIS (Aerodrome Flight Information Service) dimana layanan control lalu lintas udara yang diberikan berupa Flight Information Service dan Alerting Service. Lulusan prodi Komunikasi Penerbangan untuk saat ini sangat membutuhkan tenaga-tenaga baru untuk menunjang personil yang selama ini kekurangan


Prospek kerja

Lulusan Komunikasi Penerbangan otomatis memiliki kesempatan bekerja yang luas di perusahaan-perusahaan penerbangan dengan mengambil peran mengontrol lalu lintas udara.