Masuk
Bahasa 


Kedokteran Hewan

Deskripsi

Kedokteran hewan merupakan salah satu jenis ilmu dan praktik kedokteran, yang melakukan diagnosis, terapi, dan pencegahan penyakit pada hewan. Secara umum, semua jenis hewan dapat dikategorikan sebagai pasien, baik hewan domestik maupun liar. Selain biologi, mata pelajaran lain yang dibutuhkan adalah matematika. Walaupun aplikasi matematika yang digunakan masih terbilang cukup dasar, namun hal ini tidak dapat diabaikan. Beberapa matakuliah menuntut anda untuk mahir dalam matematika. Sebagai seorang dokter pastilah memiliki hak atas penggunaan obat oleh sebab itu mata pelajaran kimia tidak dapat dikesampingkan. Pengenalan bahan kimia dalam pembuatan dan pemakaian obat sangatlah penting, walaupun mungkin sedikit berbeda dengan mata pelajaran kimia yang anda pelajari di sekolah. Tidak sedikit pula dokter hewan berkecimpung di dunia petarnakan karena itu ilmu manajemen dan ekonomi sedikit banyak digunakan sebagai penunjang.

Kenapa Memilih Jurusan Ini?

Tidak hanya yang suka Biologi dan Metamatika. Jurusan ini cocok bagi kamu yang suka dan berani terhadap anekaragam hewan, sekalipun hewan tersebut adalah hewan yang ganas atau liar.

Prospek kerja

Lulusan Kedokteran Hewan salah satunya dapat bekerja sebagai Dokter Hewan. Profesi ini merupakan salah satu profesi yang masih jarang ada di Indonesia. Dokter hewan sendiri merupakan jenis profesi unik yang tidak seperti kebanyakan orang. Apabila seseorang biasa melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan manusia, maka hal ini tidak terjadi pada dokter hewan. Dokter hewan, seusai namanya, memiliki tugas dan kewajiban yang berhubungan dengan hewan Selain menjadi Dokter Hewan, lulusan Kedokteran Hewan juga dapat bekerja sebagai pengamat satwa liar, tenaga medis di bagian konservasi, dan peneliti hewan.

Karir terkait
Dokter Hewan (Veterinarians)

Dokter Hewan (Veterinarians)

Rp 1.500.000 - Rp 6.300.000
Jalur Pendidikan