Masuk
Bahasa 


Jurnalistik

Deskripsi

Jurusan atau program studi jurnalistik sebenarnya merupakan cabang atau rumpun dari jurusan Ilmu Komunikasi. Di beberapa kampus dimana jurusan ini ada yang terpisah dari satu rumpul Ilmu Komunikasi, ada pula yang satu rumpun dengan Ilmu Komunikasi. Jurusan Jurnalistik ini mempelajari tentang pembuatan berita dari media cetak, media elektronik, dan media online dengan cara mencari berita yang sedang viral saat itu juga dengan cara studi langsung ke lapangan meliput berita dan mewawancari narasumber yang bersangkutan, menulis hasil berita yang telah didapatkan, kemudian proses publikasi berita tersebut.

Kenapa Memilih Jurusan Ini?

Bidang ini cakupannya luas. Ada banyak tantangan dan tuntutnya yang akan kamu rasakan dalam proses pencarian, menulis, dan mempublikasikan berita. Tentunya untuk kuliah jurusan ini, kamu dituntut untuk rajin membaca, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, banyak bertanya, dan terbiasa menulis.

Prospek kerja

Program Studi Jurnalistik ini mencetak sarjana jurnalistik yang dapat bekerja di Kemeninfo, dan industri media cetak, media elektronik, serta media online untuk menjadi Jurnalis, Produser Konten Media, Periset Media, Pengajar jurnalistik, analis media, dan masih banyak lagi.

Karir terkait
Jurnalist

Jurnalist

Rp 3.000.000 - Rp 6.000.000
Wartawan

Wartawan

Rp 900.000 - Rp 16.500.000
Jalur Pendidikan