Masuk
Bahasa 


Ilmu Hukum

Deskripsi

Indonesia merupakan Negara Hukum. Artinya diingat oleh peraturan yang wajib dipatuhi oleh setiap warganegaranya. Tak hanya Indonesia saja yang dikatakan sebagai Negara Hukum. Negara di seluruh penjuru dunia memiliki hukum yang berbeda-beda. Bidang Hukum cukup menarik perhatian masyarakat. Sekalinya ada tindakan pelanggaran yang melanggar hukum, tidak main-main si pelaku langsung terjerat ke masalah hukum. Sayangnya, masyarakat zaman sekarang belum tahu banyak mengenai hukum yang berlaku di suatu negara sehingga banyak sekali pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan. Taat hukum sudah menjadi kewajiban kita sebagai warganegara yang baik. Bidang hukum saat berguna di masa sekarang dan masa depan, karena itu berbagai kehidupan tak pernah lepas dari yang namanya Hukum.

Jurusan Hukum merupakan ilmu yang mempelajari tentang peraturan yang mengikat setiap warganegara dalam bentuk Undang-undang yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah. Para mahasiswa Hukum diharapkan mampu memahami segala peraturan Hukum sebelum bertindak. Pada saat menangani kasus pelanggaran Hukum, mereka harus pelajari terlebih dulu analisa kasus tersebut seperti apa, bagaimana kasus tersebut dapat terjadi, dan apa penyebabnya. Setelah dipelajari lebih dalam, barulah bertindak sesuai Undang-undang yang berlaku.

Beberapa peminatan atau konsentrasi jurusan Hukum, seperti:

Hukum Pidana

Hukum Pidana

Hukum Tata Negara


Hukum dan Perkembangan Masyarakat


Hukum dan Teknologi, dll


Mata kuliah yang diajarkan untuk jurusan Hukum:

Ilmu Negara

Hukum Jaminan

Bahasa Inggris Hukum

Etika Hukum

Perbandingan Hukuman Tata Negara

Hukum Pidana

Hukum Perdata


Hukum International

Hukum Dagang

Hukum Perusahaan

Hukum Acara Perdata

Hak Acara Pidana

Hak Kekayaan International

Hukum Jaminan

Perbandingan Hukuman Tata Negara

Psikologi Umum

Multikulturalisme

Ilmu Perundang-Undangan

Kriminologi

Hukum Media

Politik Hukum Nasional

Penyelesaian Sengketa di Luar Pengadilan

Filsafakat Hukum

Kenapa Memilih Jurusan Ini?

Indonesia merupakan negara Hukum. Sayangnya kasus-kasus pelanggaran Hukum di Indonesia masih terbilang sangat banyak dan Hukum di Indonesia masih perlu dibebenahi.

Prospek kerja

-

Karir terkait
Hakim

Hakim

Rp 14.000.000 - Rp 19.500.000
Notaris

Notaris

Rp 5.000.000 - Rp 7.000.000
Pengacara

Pengacara

Rp 2.500.000 - Rp 25.500.000
Jalur Pendidikan