Masuk
Bahasa 


Fisika Medis

Deskripsi

Fisika medis adalah ilmu yang mempelajari aplikasi ilmu fisika dalam bidang medis. Dua kajian utamanya adalah: Aplikasi fisika dalam memahami fungsi tubuh manusia dalam keadaan sehat atau sakit dan aplikasi fisika untuk alat bantu pada kebutuhan medic. Aplikasi dari bidang ini sering disebut Medical Engineering atau Biomedical Engineering karena menyangkut teknologi pendukung diagnosis dan terapi pada makhluk biologis seperti manusia.


Kenapa Memilih Jurusan Ini?

Negara Indonesia dalam menangani kasus kesehatan masih terbilang kurang sehingga banyak terjadi kasus kematian sehingga Indonesia membutuhkan banyak tenaga pekerja di bidang medis, terutama Fisika Medis. Teruntukmu yang memiliki keahlian Fisika dan tertarik terhadap dunia medis, jurusan inilah pilihan paling tepatnya.


Prospek kerja

Dalam dunia medis tentunya memiliki prospek kerja yang besar karena setiap instansi kesehatan membutuhkan ahli medis. Begitupun lulusan Fisika Medis bisa bekerja di instansi kesehatan dengan menduduki posisi sebagai Staf Radiologi, Staf Terapi Radiasi, Kedokteran Nuklir, dan Petugas Proteksi Radiasi.