Masuk
Bahasa 


Farmasi

Deskripsi

Farmasi maka pikiran kita semua akan mengarah pada sekelompok benda yang kita disebut obat-obatan. Kenyataanya, farmasi memang membahas tentang obat-obatan dan berbagai hal yang berhubungan dengan obat, bahkan termasuk kimia, biologi, kesehatan masyarakat, bahkan sampai ke manajemen, dan pemasaran.
Kata farmasi berasal dari bahasa latin, yaitu pharmakos yang berarti sihir atau racun. Kedengaran mengerikan bukan? Memang kalau obat-obatan dikonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan efek keracunan. Nah, disinilah salah satu peranan seorang Farmasis (profesional di bidang Farmasi), menemukan potensi penyembuhan dari suatu bahan dan menakarnya agar bermanfaat secara optimal tanpa menimbulkan efek samping.


Pada tahun 2014 Dirjen Dikti merilis data yang menyebutkan bahwa jurusan Farmasi adalah jurusan kuliah dengan peminat terbanyak nomor lima di Indonesia. Kenapa bisa demikian? Hal ini cukup wajar sebenarnya, karena farmasi bergerak dibidang kesehatan yang merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia yang tidak pernah sepi, selain bidang makanan. Pada intinya, bahasan utama dalam perkuliahan Jurusan Farmasi adalah bagaimana cara membuat obat, cara membuat obat tersebut tahan lama, bagaimana cara menemukan senyawa kimia dari berbagai sumber yang berpotensi dikembangkan sebagai bahan obat, bagaimana cara membuat obat-obatan dengan bahan dasar tanaman herbal. Mahasiswa Farmasi akan banyak menghapalkan nama-nama senyawa kimia, kode-kode obat, nama-nama tanaman seperti di jurusan biologi dan sebagainya.


Pembagian jurusan Farmasi, yakni:

Farmasi Klinik dan Komunitas

Farmasi Sains dan Teknologi

Farmasi Industri

Farmasi Bahan Organik


Kenapa Memilih Jurusan Ini?

Dalam jurusan farmasi sangat mengutamakan kemampuan analisis. Sebab, kamu yang lulus dari pendidikan farmasi ini akan bekerja pada industri farmasi yang membuat kamu harus bersentuhan dengan obat-obatan dan bahan kimia. Profesi seperti ini membutuhkan ketekunan ketelitian dan juga kesabaran. Calon mahasiswa farmasi harus mempunyai karakter tersebut dalam diri mereka.

Prospek kerja

Seorang yang masuk jurusan farmasi memang memiliki jalan karir yang memuaskan dan menjanjikan untuk kalangan manusia biasa, untuk seorang yang memang mempunyai keinginan untuk dapat memperbaiki masa depannya dengan karir yang mapan dan nyaman kedepannya. Namun untuk menjadi seorang farmasi juga harus melakukan perjalanan study terlebih dahulu, sehigga kalian akan dapat bekerja sesuai dengan keinginannya yaitu menjadi seorang ahli ilmu farmasi.

Karir terkait
Apoteker

Apoteker

Hospitality

Rp 1.500.000 - Rp 10.000.000
Jalur Pendidikan