Masuk
Bahasa 


Budidaya Perairan (Akuakultur)

Deskripsi

Jurusan Budidaya Perairan merupakan jurusan yang berada di bawah Fakultas Perikanan dan Kelautan. Jurusan Budidaya Perairan ini adalah jurusan yang mempelajari segahal tentang budidaya perikanan,baik itu ikan air tawar, air payau maupun air asin. Selama masa perkuliahan, umunya kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Bioteknologi Akuakultur, Manajemen Kesehatan Ikan, Pengembangan Industri Perikanan, Pengembangan Pakan Ikan, Limnologi, dan lain sebagainya.

Kenapa Memilih Jurusan Ini?

Sebenarnya Jurusan Perikanan ini tidak kalah dengan jurusan-jurusan lainnya seperti Kedokteran, Teknik, Hukum, Pertanian, Peternakan, dll. Jika ada orang yang beranggapan bahwa para lulusan Jurusan Perikanan sulit mendapat pekerjaan berarti anggapan itu sangat salah. Sebaliknya, bagi calon mahasiswa baru yang ingin mencari peluang kerja yang baik dan tingkat resiko penganggurannya sangat kecil pilihannya adalah Jurusan Perikanan. Kini, para calon mahasiswa baru lebih cenderung ke hal-hal yang berbau Sains dan kesehatan, padahal perikanan juga dapat bersaing dengan keduanya.

Prospek kerja

Dapat diketahui, terbentuknya jurusan perikanan terlihat matang untuk mempersiapkan sumber daya manusianya untuk mengelola aset negara yang tiada tara. Faktanya, luas laut Indonesia 5,8 juta km2. Sudah terbayang bukan luas wilayah seluas tersebut, pastinya sangat membutuhkan pengelola yang banyak pula. Jurusan perikanan umumnya memiliki prospek kerja di beberapa departemen penting yang masing-masing memiliki keterkaitan dalam membangun masa depan perikanan Indonesia, antara lain Departemen Akuakultur, Departemen Perikanan Tangkap, Departemen Manajemen akuatik, Departemen Teknologi Hasil Perikanan,