Masuk
Bahasa 


Bioinformatika

Deskripsi

Bioinformatika adalah ilmu yang mempelajari penerapan teknik komputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis. Bidang ini mencakup penerapan metode-metode matematika, statistika, dan informatika untuk memecahkan masalah-masalah biologis, terutama dengan menggunakan sekuens DNA dan asam amino serta informasi yang berkaitan dengannya.


Kenapa Memilih Jurusan Ini?

Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang pernah berharap dirinya terkena penyakit, terlebih jenis penyakit serius yang akan memakan banyak waktu dan biaya untuk disembuhkan. Namun sakit adalah sesuatu yang sering dianggap tidak dapat diperkirakan. Ada kalanya manusia hanya bisa pasrah dan berusaha untuk berobat. Pada kasus terburuk di mana penyakit terlambat disadari, semua sudah terlambat. Beruntung manusia adalah makhluk yang dibekali pengetahuan untuk terus berkembang. Berbagai teknologi pun diciptakan. Dengan berbekal pemeriksaan pada DNA manusia, kita bisa mengetahui banyak penyakit yang mungkin menimpa setiap orang. Perkembangan itu tidak terlepas dari adanya bidang ilmu bioinformatika, yakni penerapan teknik komputer untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis.


Prospek kerja

Peluang penelitian di bidang bioinformatika masih sangat besar. Meskipun di luar negeri sudah banyak yang melakukan penelitian di bidang ini, tetapi peluangnya di Indonesia masih sangat besar.