Masuk
Bahasa 


Arsitektur

Deskripsi

Peminatan jurusan Teknik merupakan salah satu bidang perkuliahan yang cukup banyak diminati. Selain itu, memiliki prospek kerja yang menjanjikan di masa yang akan datang. Teknik kebanyakan diminati oleh kaum pria ketimbang laki-laki di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Biasanya jurusan Teknik identik dengan banyak hitung-hitungannya. Tapi jurusan yang satu ini masuk ke dalam jurusan teknik yang tidak terlalu banyak menghitungnya, tapi lebih banyak menggambarnya. Betul sekali, ialah jurusan Arsitektur. Ialah pembelajaran tentang cara membuat rancangan bangunan beserta isi ruangannya seperti rumah, gedung apartemen, sekolah, hotel, dll yang dituangkan masih ke dalam bentuk sketsa kasar. Terlihatnya gampang bukan? Padahal di jurusan ini, kamu bukan hanya menggambar saja, tapi harus bisa menghitung dengan menggunakan rumus matematika serta menghitung dengan rumus fisika. Misalkan, ada proyek pembuatan rumah dengan luas tanah sekian meter. Sebelum mendesain kamu mesti hitung dulu kira-kira dengan luas tanah segini , luas dan lebar tiap-tiap bangunan yang bisa dibuat berapa ukurannya. Ada yang tahu apa bedanya Arsitektur dengan Teknik Sipil? Jelas keduanya berbeda dari segi konsep pekerjaan. Arsitektur lebih ke arah merancang bangunan secara detail mulai dari luas dan lebar bangunannya, warna dan tekstur yang cocok, sampai bentuk bangunan yang diinginkan seperti apa. Kalau Teknik Sipil lebih ke merancang, membangun, dan merenovasi bangunan. Mereka juga bertugas menentukan tingkat ketebalan dinding bangunan, mempertimbangkan apakah bentuk bangunan tersebut sesuai atau tidak dengan kondisi lingkungan, menghitung struktur bangunan, menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah gedung, memilih jenis material apa yang cocok digunakan ketika gedung tersebut akan dibangun, dll.

Jurusan Arsitektur terbagi lagi ke dalam beberapa peminatan, yaitu:

-Arsitektur Interior

-Arsitektur Eksterior

-Arsitektur Perumahan dan Pemukiman

-Arsitektur Lanskap

-Arsitektur Perancangan dan Teknologi Bangunan


Kenapa Memilih Jurusan Ini?

Lewat jurusan ini kamu akan diajarkan teknik-teknik menggambar perancangan bangunan, menghitung lebar dan luas bangunan, memilih warna yang cocok untuk banguan tersebut, dan lain sebagainya. Jurusan ini memang pas untuk kamua yang suka ilmu teknik, menggambar, dan seni estetika.

Prospek kerja

Karir sebagai arsitek merupakan pilihan paling tepat bagi setiap lulusan arsitektur. Para lulusan arsitektur memiliki peluang yang cukup besar untuk bekerja di perusahaan properti dan kontruksi.

Karir terkait
Arsitek

Arsitek

Engineering and Construction

Rp 2.000.000 - Rp 15.000.000
Arsitek Lanskap

Arsitek Lanskap

Rp 3.800.000 - Rp 6.500.000
Konsultan Arsitek

Konsultan Arsitek

Rp 3.500.000 - Rp 6.900.000
Jalur Pendidikan