Masuk
Bahasa 


Antropologi

Deskripsi

Antropologi berasal dari kata anthropos yang bermakna manusia dan logos yang bermakna ilmu pengetahuan atau wacana. Sederhananya, antropologi adalah ilmu yang mempelajari segala macam seluk beluk, unsur-unsur, kebudayaan yang dihasilkan dalam kehidupan manusia. Ekonomi masyarakat, agama dan keyakinan, politik pemerintahan, fisik manusia, kesehatan, perkembangan teknologi dan sebagainya adalah ruang studi bagi Ilmu Antropologi. sehingga apabila kita cermati lebih dalam, kajian dan studi mengenai antropologi memang cukup luas cakupannya dan sangat dinamis. Ilmu Antropologi dibagi ke dalam dua sub yaitu antropologi fisik dan antropologi budaya. Antropologi fisik terbagi lagi menjadi paleoantropologi dan antropologi ragawi. Sedangkan antropologi budaya terdiri dari prehistori, etnolinguistik, dan etnologi. Sang maestro antropolog Indonesia mendefinisikan antropologi sebagai ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkannya.

Kenapa Memilih Jurusan Ini?

Semua memiliki kesempatan untuk menjadi Mahasiswa Antropologi, namun bekal utamanya adalah keterbukaan kita untuk mempelajari orang yang berbeda dari kita kaarena dari sejarahnya antropologi meniliti orang di luar kebudayaannya, oleh sebab itu idealnya mahasiswa antropologi dituntut menjadi orang yang open minded atau berpikiran terbuka, tidak fanatis, atau bisa memahami perbedaan antara umat manusia.

Prospek kerja

Jaman sekarang, antropolog tidak lagi hanya bekerja di lokasi-lokasi terpencil. Mereka juga dibutuhkan di perusahaan, pemerintahan, institusi pendidikan hingga organisasi nirlaba.

Jalur Pendidikan