Masuk
Bahasa 


Aktuaria

Deskripsi

Aktuaria adalah ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Ilmu aktuaria merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Di luar negeri profesi aktuaris termasuk kelompok profesi elit dengan gaji sangat besar. Di dalam negeri pun demikian.

Kenapa Memilih Jurusan Ini?

Bidang pekerjaan Aktuaria digemari di pasaran kerja khusus bidang asuransi. Aktuaria masuk ke dalam jurusan yang langka, namun lulusannya banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar.

Prospek kerja

Aktuaris banyak sekali dibutuhkan di perusahaan asuransi dan industri bidang keuangan lainnya karena perusahaan asuransi dan industri keuangan membutuhkan ahli pada pada bidang resiko keuangan. Garapan kerja seorang aktuaris seperti asuransi jiwa, kesehatan, tunjangan karyawan untuk hari raya, tunjangan anak, tunjangan pendidikan, pensiun, pesangon, kebakaran, bencana, manajemen resiko, dan lain sebagainya. Fungsi aktuaria adalah menjabarkan dengan baik rumus-rumus tertentu tentang kapan seseorang harus melakukan klaim asuransi, misalnya, mendeskripsikan rumus-rumus untuk menghitung premi dan klaim sehingga perusahaan asuransi dapat mencapai keuntungan tanpa merugikan nasabah.

Karir terkait
Aktuaris

Aktuaris

Banking and Finance

Rp 4.000.000 - Rp 7.300.000
Akuntan

Akuntan

Banking and Finance

Rp 2.500.000 - Rp 30.000.000
Jalur Pendidikan