Kenali Dulu Kurikulum Sekolah Internasional Berikut Ini!

Cambridge

 

Cambridge Curriculum

Sumber: https://www.lilongweacademy.ac.mw

Kurikulum Cambridge merupakan kurikulum yang umumnya digunakan di sekolah-sekolah internasional, yang mana kurikulum tersebut berasal dari Inggris. Kurikulum Cambridge diterapkan dengan pengelompokan program Primary ( untuk siswa usia 5 tahun sampai 11 tahun, Lower Secondary (untuk siswa usia 11 tahun sampai 14 tahun), Middle Secondary ( untuk siswa usia 14 tahun-16 tahun), dan Upper Secondary (untuk siswa usia 16 tahun-18 tahun). Sistem pembelajarannya terfokus pada kegiatan praktek yang berguna dalam mengembangkan kemampuan masing-masing siswa. Setiap siswa diberikan kesempatan untuk memilih sendiri mata pelajaran yang mereka sukai. Melalui kurikulum Cambridge, setiap siswa akan dilatih untuk bersaing secara global, melatih kemampuan berbahasanya, dan memiliki kesempatan untuk menempuh jenjang pendidikan tinggi di luar negeri.Sekolah-sekolah internasional dengan kurikulum Cambridge menyediakan mata pelajaran yang terdiri dari Matematika, IPA, Bahasa Inggris, persiapan ujian O level, dan persiapan ujian A level.

 

IB

 

IB Curriculum

Sumber: https://www.fiverr.com

IB atau International Baccalaureate kurikulum berlandaskan pada pendidikan dari Eropa dan Inggris. Melalui kurikulum IB, setiap siswa dilatih agar dapat belajar secara mandiri. Setiap sekolah internasional yang menerapkan kurikulum IB, menyediakan mata pelajaran yang terdiri dari Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, IPS, Agama, dan Kesenian. Mata pelajaran tersebut pun terbagi atas beberapa materi yang antara lainnya: materi kegiatan luar kelas yang dilaksanakan berdasarkan mata pelajaran yang dipilih oleh si siswa, materi pembuatan makalah dengan melakukan sebuah penelitian dari berbagai sumber, dan materi pengetahuan berbasis teori ialah sebuah kegiatan yang diberikan kepada setiap siswa dalam bentuk mengemukakan pendapat guna melatih kemampuan belajar si siswa itu sendiri.

Baca juga: Sekolah SLB di Jakarta!

 

International Primary Curriculum

 

International Primary Curriculum

Sumber:https://schooladvisor.my

International Primary Curriculum hadir sebagai kurikulum yang berpusat ke siswa, yang berasal dari Inggris. Metode pembelajaran diberikan secara kreatif, komprehensif, dan tematik. Jadi setiap siswa diajarkan untuk mengingat bukan menghafal materi. Materi yang diberikan berupa kegiatan melatih kemampuan siswa untuk beradaptasi dengan baik. Selain itu, sekolah yang berbasis International Primary Curriculum atau IPC selalu menitik beratkan nilai-nilai moral bagi setiap siswanya.

 

Singaporean Primary School Curriculum

 

Singaporean Primary School Curriculum

Sumber:https://www.moe.gov.sg

Sekolah internasional jenjang primary yang menggunakan kurikulum Singapore, pada dasarnya memberikan kompetensi pendidikan yang mengarahkan setiap siswa agar  memiliki kemampuan berpikir kritis. Singaporean Primary School Curriculum menawarkan mata pelajaran yang mencakup seni, musik, matematika, IPA, IPS, dan Bahasa Inggris.

Baca juga: 7 Daycare di Indonesia!

Buat anda yang sedang mencari sekolah untuk si anak, anda bisa cari dan temukan sekolah yang tepat di www.edumor.com.

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *