Prospek Kerja Jurusan Jurnalistik

Jurnalistik adalah kegiatan menulis sebuah artikel, review, berita, dan opini yang disebarluaskan ke berbagai media elektronik, media cetak, maupun media online. Kegiatan jurnalistik bukan hanya menulis kemudian dipublikasikan ke media massa, melainkan dimulai dari mencari informasi secara lengkap, menganalisa informasi yang didapatkan, sampai mengolah informasi tersebut ke dalam bentuk tulisan dan barulah dipublikasikan. Gimana nih, kalian tertarik? Nah, bidang jurnalistik ini dapat kalian temukan dalam program studi jurnalistik yang masuk ke dalam Fakultas Ilmu Komunikasi. Yuk, simak prospek kerja apa saja yang dapat kalian tekuni setelah lulus di program studi jurnalistik!

Reporter

 

Reporter

Sumber: https://en.wikipedia.org

Bagi kalian yang senang bertemu dengan banyak orang dan senang beraktivitas di luar ruangan, pekerjaan ini sangat cocok untuk kalian. Seorang reporter bertugas untuk meliput sebuah berita secara langsung di lapangan dengan mengambil foto dan video untuk melengkapi berita yang akan diolah di media massa. Selain itu, seorang reporter juga memberitakan sebuah kejadian atau peristiwa dengan berbicara di depan kamera dan mewawancarai narasumber.

 

Editor

 

Editor

Sumber: https://www.scidev.net

Seorang editor bertugas untuk mengedit tulisan atau naskah yang telah dibuat serta membuat layout dan desain pada sebuah tulisan.

Baca juga: Kampus dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia 

 

Copy Editor

 

Copy Editor

Sumber: https://www.mhpbooks.com

Kalau copy editor ini pekerjaannya hampir mirip dari editor. Bedanya, copy editor memperbaiki tulisan dari segi teknik seperti memperbaiki kesalahan penulisan berupa data, fakta, atau opini, memperbaiki tanda baca, ejaan, dan tata bahasa, serta menjaga konsistensi tulisan yang dibuat.

 

Jurnalis

 

Jurnalis
Jurnalis

Sumber: https://ciputrauceo.net

Secara umum lulusan Jurnalistik bekerja sebagai seorang jurnalis. Jurnalis ialah orang yang bertugas untuk menulis sebuah artikel, review, opini, dan berita di media massa.  Tugas seorang jurnalis dimulai dari proses mencari berita, mengambil foto, merekam video, dan menyusun informasi menjadi sebuah tulisan yang menarik untuk dibaca.

 

Photojournalist

 

Photojournalist

Sumber:https://jrphoto.wordpress.com

Photojournalist adalah orang yang bekerja membuat sebuah cerita atau berita hanya dalam bentuk foto dan video.

 

Proofreader

 

Proofreader

Sumber: https://wellkeptwallet.com

Proofreader bekerja dengan membaca ulang naskah atau tulisan yang dibuat. Kemudian, mencari kesalahan pada tulisan tersebut untuk diperbaiki oleh tim editor atau copy editor.

Baca juga: Berminat Daftar CPNS Setelah Lulus Kuliah? Ini Program Studi yang Paling Dibutuhkan

Buat kalian yang masih bingung cari jurusan, kampus, serta beasiswa, jangan lupa cari dan temukan di www.edumor.com. Dan Daftarkan akun kalian di www.edumor.com/signup untuk mendapatkan rekomendasi jurusan, kampus, dan beasiswa yang cocok!

Baca juga

Share this!

One thought on “Prospek Kerja Jurusan Jurnalistik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *