Solusi Meningkatkan Nafsu Makan pada Anak

Asupan nutrisi dan gizi harus disesuaikan dengan tumbuh kembang si anak berdasarkan usianya. Semakin besar usia anak, semakin banyak pula nutrisi dan gizi yang perlu diberikan kepada mereka. Agar gizi dan nutrisi anak terpenuhi, anda perlu memperkenalkan berbagai macam makanan yang sesuai dalam anjuran 4 sehat 5 sempurna secara bertahap. Namun, terkadang memperkenalkan berbagai macam makanan pada anak susah-susah gampang bukan? Ada anak dengan tipe memiliki nafsu makan yang baik (doyan makan) dan ada pula anak yang kurang doyan makan. Untuk menangani masalah anak yang kurang doyan makan, ini ada tips buat para parents meningkatkan nafsu makan si anak. Disimak ya!

 

Atur jadwal antara jadwal nyemil dengan jadwal makan

 

Makan
Makan

Sumber: https://review.bukalapak.com

Memberikan makanan pada anak perlu disesuaikan dengan jadwal yang tepat. Anda mesti pintar-pintar membuat jadwal makan untuk si anak. Buatkan aturan antara jadwal makan pagi sampai makan malam dengan jadwal nyemil. Buat si anak yang doyan nyemil, anda bisa beri jarak waktu nyemil sekitar 1 jam atau 1 setengah jam sebelum waktu makan. Sebenarnya nyemil sebelum makan boleh-boleh saja sih parents, asalkan nyemil yang tidak terlalu mengeyangkan perut seperti nyemil buah-buahan.

 

Berikan makanan yang bervariasi

 

Makanan bervariasi
Makanan bervariasi

Sumber: http://blog.aseankorea.org

Supaya gak bosan dengan menu makan yang itu-itu saja, anda bisa memberikan makanan bergizi dengan aneka macam menu dan rasa yang bervariasi setiap harinya. Selain itu anda bisa menanyakan pada si anak makanan apa yang ingin ia makan hari ini atau besok.

 

Gunakan kreativitas anda untuk membuat kreasi makanan sesuai dengan makanan favorit si anak

 

Kreasi makanan favorit anak
Kreasi makanan favorit anak

Sumber: https://resepkoki.co

Analisa dulu kira-kira apa makanan favorit si anak. Kemudian, gunakan keahlian memasak anda untuk menciptakan beragam kreasi makanan yang sesuai dengan makanan favorit si anak. Apalagi anda bisa gunakan bahan-bahan makanan yang kemudian disulap menjadi bentuk yang menarik, sehingga si anak tertarik untuk memakan makanan tersebut.

Baca juga: Prediksi Jadwal Ujian Tingkat SD sampai SMA / SMK  Tahun Ajaran 2018/2019

 

Berikan suplemen tambahan

 

Suplemen tambahan untuk anak
Suplemen tambahan untuk anak

Sumber: https://hellosehat.com

Manusia tidak hanya membutuhkan makanan yang sehat dan bergizi, tapi juga membutuhkan asupan nutrisi tambahan berupa suplemen. Untuk menambah nafsu makan si anak, orangtua perlu memberikan suplemen tambahan yang mengandung minyak hati ikan kod, kunyit atau curcuma, Fitonutrein, dll.

 

Periksa  kesehatan pencernaan, mulut, serta gigi anak

 

Periksa kesehatan anak
Periksa kesehatan anak

Sumber: https://maminedileme.ba

Menurunnya nafsu makan anak bisa jadi kesehatan pencernaan, mulut, atau kesehatan gigi si anak sedang terganggu. Alangkah baiknya anda mengajak si anak untuk periksa ke dokter.

 

Hindari pemberian makanan dan minuman manis sebelum atau saat makan

 

Hindari anak makan dan minum manis sebelum atau saat makan
Hindari anak makan dan minum manis sebelum atau saat makan

Sumber: https://www.genenutrition.gr

Makanan dan minuman manis justru menurunkan nafsu makan si anak. Ada baiknya hindari si anak untuk makan dan minum yang manis sebelum atau saat makan. Makanan dan minuman manis boleh diberikan sekitar 1 jam atau 1 setengah jam sebelum makan, atau setelah makan sebagai hidangan penutup.

Baca juga: Cara Mudah Mengajari Anak Belajar di Usia Pra-Sekolah

Selain tips yang sudah diberikan, orangtua harus memantau bagaimana pertumbuhan berat badan anak. Jangan sampai si anak terlalu kurus ataupun terlalu gemuk dengan mengatur pola makannya.

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *