Penting dan Perlukah Orangtua Memberikan Kursus Tambahan Pada Anak?

Semakin tinggi jenjang pendidikan anak, semakin sulit pula kurikulum yang disediakan sekolah. Jadi gak heran deh kenapa anak sekolah zaman sekarang pada stress belajar. Bahkan orangtua zaman sekarang super duper sibuk kerja sehingga menyebabkan mereka  gak punya waktu luang untuk membimbing anaknya belajar dan mengerjakan PR di rumah atau tidak punya cukup waktu untuk menemani anak bermain. Dengan demikian, orangtua memutuskan untuk memberikan kursus tambahan agar nilai pelajaran anak semakin bagus ataupun supaya mereka memiliki aktivitas. Dan bisa jadi orangtua memberikan kursus tambahan karena gak mau nilai pelajaran anaknya semakin jelek, anak stress belajar karena mata pelajaranya sulit, atau orangtua mengharuskan si anak memperoleh ranking yang tinggi.

 

Kelemahan Anak

 

Kelemahan Belajar pada Anak
Kelemahan Belajar pada Anak

Sumber: https://www.quipper.com

Mendapatkan nilai jelek, belum tentu anak tidak mampu memahami mata pelajaran di sekolah. Pasti ada faktor yang menyebabkan nilai anak menurun. Untuk itu, anda jangan langsung memutuskan untuk memberikan kursus tambahan pada mereka. Cari tahu dulu apa penyebab nilai anak menurun. Komunikasikan hal tersebut kepada guru si anak. Jika penyebabnya adalah si anak benar-benar kurang mampu menguasai mata pelajaran itu, maka anda bisa memberikan kursus tambahan.

 

Kebutuhan Anak

 

Kebutuhan Belajar dan Kursus untuk Anak
Kebutuhan Belajar dan Kursus untuk Anak

Sumber: https://wolipop.detik.com

Terkadang orangtua suka seenaknya memberikan kursus tambahan tanpa tahu apakah kursus itu dibutuhkan oleh si anak atau tidak. Sebelumnya, perhatikan dulu bidang apa yang dibutuhkan oleh si anak untuk mendapatkan kursus tambahan. Misalnya anak tidak mampu memahami dan memecahkan masalah pelajaran bahasa inggris, atau anak ingin kuliah di luar negeri, sementara kemampuan bahasa inggrisnya masih kurang. Di kondisi seperti inilah anda bisa memberikan kursus tambahan bagi si anak.

Baca juga: Cerdas Mengenali Berita Hoax pada Anak!

 

Sesuaikan dengan minat, bakat, kemampuan, kecerdasan, dan hobi anak

 

Minat, bakat, kemampuan, kecerdasan, dan hobi pada anak
Minat, bakat, kemampuan, kecerdasan, dan hobi pada anak

Sumber: http://ibudanmama.com

 

Anak adalah anugerah Tuhan yang harus dididik dengan cara yang bijak. Setiap anak diciptakan dengan minat, bakat, kemampuan, serta kecerdasan yang berbeda-beda. Minat, bakat, kemampuan, dan kecerdasan anak sudah bisa dilihat sejak mereka memasuki usia sekolah. Kalau belum terlihat, anda bisa mengasah minat, bakat, kemampuan, dan kecerdasan anak dengan cara melakukan beragam kegiatan yang merangsang minat, bakat, kemampuan, dan kecerdasan anak, atau bisa juga dengan melakukan tes kepribadian. Selain minat, bakat, kemampuan, dan kecerdasan anak, hobi tidak kalah pentingnya. Kalaupun minat, bakat, kemampuan, kecerdasan, serta hobi si anak sudah terlihat, anda bisa menawarkan anak ingin kursus apa.

Baca juga: Sekolah Terbaik di Jakarta Selatan

 

Bagaimana menurut anda? Perlu dan pentingkah memberikan kursus tambahan untuk si anak?

Bagi anda orangtua yang sedang mencari sekolah untuk anak, ada bisa cari dan temukan di www.edumor.com. Jangan lupa daftarkan akun anda di www.edumor.com/signup untuk mendapatkan rekomendasi sekolah yang cocok dan tepat untuk anak anda!

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *