Cerdas Mengenali Berita Hoax pada Anak

Penggunaan media internet semakin berkembang pesat, tak kala banyak info-info menarik yang bermunculan. Sayangnya, media internet sering kali dipergunakan secara tidak bertanggung jawab dengan membuat berita hoax yang menyebabkan perpecahan antar masyarakat hingga perpecahan NKRI. Sebagai warga negara yang baik, sudah sepatutnya kita pandai membedakan mana berita fakta, mana berita hoax. Jangan main asal sebar sana-sini dong .

 

Di era digital seperti sekarang ini, bukan hanya remaja, orang dewasa, dan orang tua saja yang menggunakan teknologi untuk mendapatkan informasi dari media internet. Namun, anak-anak sudah banyak yang menggunakan media internet untuk keperluan sekolah dan lainnya. Dengan bermunculan berita dari berbagai sumber, banyak masyarakat yang main sebar sana sini tanpa tau menaung apakah berita tersebut fakta atau hoax. Cerdas dan bijak menggunakan internet sudah bisa anda ajarkan pada si anak. Berikut adalah cara cerdas mengenali berita hoax pada anak:

 

Teliti terhadap alamat situs

 

Alamat situs atau website
Alamat situs atau website

Sumber: https://novostipmr.com/ru/news

Untuk membedakan antara berita fakta dengan berita hoax, anda bisa mengajarkan pada si anak untuk teliti terhadap alamat situs berita yang mereka temui. Umumnya berita-berita hoax berasal dari situs Blogspot, WordPress, dan lain sebagainya (blog). Dan berita fakta itu berasal dari situs media massa online. Jadi anak harus bisa membedakan mana situs blog, mana situs media massa.

 

Bedakan tulisan fakta dan opini

 

Fakta dan Opini
Fakta dan Opini

Sumber: https://www.kiblat.net/

Selanjutnya, berita fakta dan hoax dapat terlihat dari isi tulisan yang dibuat oleh si penulis. Untuk membedakannya, anda perlu mengajarkan bahwa berita hoax merupakan berita yang ditulis berdasarkan tanggapan dan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh si penulis. Berita hoax pun memberikan informasi yang kurang jelas, seperti; tidak tercantumnya sumber asli (contohnya, seperti dilansir pada halaman website….) dan tidak memberikan keterangan tempat dan waktu yang spesifik. Sementara, yang seperti kita ketahui bahwa berita fakta ialah berita yang disajikan sesuai dengan kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada saat itu atau di masa lampau. Hampir semua berita fakta pasti menjelaskan sebuah kejadian atau fakta menggunakan bahasa yang jelas dan spesifik, mencantumkan sumbernya, dan ada keterangan waktu serta tempat kapan dan dimana peristiwa tersebut terjadi.

 

Cek Foto yang tercantum

 

foto di media internet

Sumber: https://www.kompasiana.com

Berita-berita tidak saja bermunculan di media internet, akan tetapi di media sosial sudah tersebar banyak pemberitaan, entah itu berita fakta maupun hoax. Untuk memastikan apakah berita tersebut fakta atau hoax, anda bisa mengajarkan kepada anak untuk mendeteksi kebenaran gambar tersebut pada halaman Google Images. Gambar pada sebuah halaman website, bisa saja dipergunakan dengan cara di edit.

Cari topik yang sama dari sumber berbeda

 

berita fakta vs hoax

Sumber: https://topikindo.com

Ada banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab atas pemberitaan yang mereka buat. Bisa saja berita yang mereka buat diambil dari sumber asli dan dimanipulasi seakan-akan berita tersebut adalah fakta. Oleh karena itu, anda bisa mengajarkan pada anak untuk mencari topik yang sama dari sumber yang berbeda. Setelah itu bandingkan isinya.

Nah, dengan cara inilah anda bisa mengenali kepada anak tentang berita fakta dan hoax. Cerdas dan bijaklah dalam menggunakan internet dan media sosial.

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *