Perbedaan Program Studi Teknik Informatika dengan Sistem Informasi

Seiring perkembangannya kebutuhan dan penggunakan teknologi untuk beragam keperluan, ahli teknologi kini sangat banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan kecil sampai perusahaan besar sekalipun. Ahli teknologi dalam dunia pendidikan dapat mengambil studi Fakultas Ilmu Komputer. Fakultas Ilmu Komputer terbagi atas Teknik Informatika, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Teknik Komputer dan Jaringan, Sistem Komputer, dan masih ada banyak lagi.

 

 

Program Studi Teknik Informatika
Program Studi Teknik Informatika

 

Dari sekian banyak prodi yang berhubungan erat dengan komputer, prodi Teknik Informatika dan Sistem Informasi lah yang paling banyak peminatnya. Pasti kalian pengen nanya, bedanya apa sih Teknik Informatika dengan Sistem Informasi? Kedua program studi ini sebenarnya hampir mirip guys. Bedanya itu Teknik Informasi merupakan bagian dari Ilmu Komputer yang mempelajari tentang pembuatan sebuah aplikasi, software, website, jaringan-jaringan komputer, serta perlengkapan dan peralatan teknologi yang dibuat dari segi Teknik. Teknik Informatika lebih ke arah merancang dan mengembangkan algoritma komputasi.

 

Di dalam Program Studi Teknik Informatika kalian akan belajar beragam ilmu pengetahuan komputer seperti matematika diskrit, algoritma, kalkulus, fisika, dan lain sebagainya yang diterapkan ke dalam bentuk program komputer. Dalam dunia perkuliahan dan pekerjaan, bidang Teknik Informatika akan lebih banyak membuat suatu program dengan menggunakan bahasa pemrograman yang dinamakan Coding. Teori dan Praktek yang dipergunakan dalam Ilmu Teknik Informatika ialah menganalisa, merancang, mengimplementasikan ke dalam bentuk bahasa pemrograman, sampai kepada testing atau uji coba apakah program tersebut sudah layak atau belum untuk digunakan.

Baca juga: Deret Kampus Farmasi Terbaik di Indonesia!

 

 

Program Studi Sistem Informasi
Program Studi Sistem Informasi

 

Sementara Sistem Informasi merupakan ilmu komputer yang mempelajari tentang menganalisis, merancang, dan mengimplementasikan sistem komputer organisasi. Jadi Sistem Informasi ini lebih ke arah cara kerja sebuah teknologi. Contohnya; cara kerja mesin ATM. Ahli Sistem Informasi lah yang membuat tahap-tahap cara kerja dari mesin ATM tersebut.

 

Selama studi, program studi Sistem Informasi ditekankan kepada integrasi sebuah teknologi terhadap informasi bisnis yang dibutuhkan sebuah organisasi, lembaga, dan perusahaan. Jadi ahli Sistem Informasi harus dapat memastikan tahap-tahap sistem pada sebuah komputer sudah benar melalui kegiatan analisa dan perancangan. Kemudian pihak Teknik Informatika lah yang menjalankan pemrogramannya. Kedua program studi ini sebenarnya sama-sama menganalisa sebelum membuat sebuah program, akan tetapi bidang Sistem Informasi lebih spesifik ketimbang Teknik Informatika.

 

Untuk mengambil program studi Teknik Informatika maupun Sistem Informasi, terlebih dahulu ketahuilah kemampuan kalian ada dimana. Dan kedua bidang ini terbagi menjadi beberapa peminatan atau konsentrasi ilmu. Peminatan program studi Teknik Informatika terdiri Mobile Application Technology, Data Center Networking, Creative Multimedia Technology, Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi Geografis, dan masih banyak lagi. Sedangkan program studi Sistem Informasi mencakup bidang Business System Management, Multimedia System Design, Komputer Grafik, Network Administrator, Database Administrator, Sistem Informasi Manajemen, dll.

Baca juga: Jenis Tes Masuk PKN STAN!

Guys, buat kalian yang masih bingung untuk cari jurusan, kampus, dan beasiswa yang tepat, kalian bisa cari dan temukan di www.edumor.com. Jangan Lupa juga untuk register akun kalian di www.edumor.com/signup untuk mendapatkan rekomendasi jurusan, kampus, dan beasiswa yang cocok!

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *