Perbedaan Kuliah D3 dan S1 yang Perlu Kalian Tahu Sebelum Memutuskan Kuliah

Jenjang pendidikan SMA bisa dibilang sebagai jenjang yang paling menyenangkan. Kenapa? Karena masa SMA adalah masa-masa yang paling indah ketimbang masa pendidikan yang lainnya. Ada banyak sekali kenang-kenangan yang tak terlupakan. Dan pada masa ini kalian harus menentukan ke arah mana kalian menentukan jalan hidup, antara lanjut kuliah atau langsung kerja. Sebagian besar ada yang lanjut kuliah dan sebagian besar pula ada yang langsung bekerja. Nah, kalian termasuk yang mana nih? Bagi kalian yang mau lanjut kuliah, udah pada tau belum mau kuliah dimana dan jurusan apa? Hayoooo, pasti masih bingung deh! Sebelum kalian memutuskan untuk kuliah, kenali dulu jenjang pendidikan apa yang kira-kira cocok. Umumnya jenjang pendidikan di perguruan tinggi swasta maupun negeri menyelenggarakan program pendidikan yang terdiri dari jenjang D3,D4,S1, sampai S3. Kebanyakan calon mahasiswa baru atau camaba kerap kali galau dalam menentukan mau kuliah D3 atau S1. Oleh karena itu, sebelum memutuskan kalian terlebih dahulu harus tau apa sih bedanya D3 dan S1. Yuk simak penjelasan di bawah ini!

 

Materi

 

Materi Kuliah D3 dan S1
Materi Kuliah D3 dan S1

Sumber: https://www.trentech.id

Dari segi materi, D3 dengan S1 memiliki perbedaan yang signifikan. Di jenjang D3 kalian lebih fokus belajar ke arah keterampilan yang sesuai dengan jurusan atau program studi pilihan kalian. Kurikulumnya pun dirancang dalam bentuk praktek. Jadi mahasiswa D3 lebih banyak belajar prakteknya ketimbang teori. Sementara, jenjang S1 ini materi dan kurikulumnya dirancang lebih banyak ke teorinya. Walaupun banyak teorinya, setidaknya praktek ke lapangan tetap ada.

 

 

Lama Pembelajaran

 

Lama pembelajaran D3 dan S1
Lama pembelajaran D3 dan S1

Sumber: http://tasidola.com

D3 dan S1 memiliki waktu pembelajaran yang tidak terlalu lama kok. Kalau kalian tipe yang gak tahan belajar lama-lama  dan udah ngebet pengen langsung kerja habis lulus, D3 adalah pilihan yang tepat. Tenang, kuliah D3 kalian hanya membutuhkan waktu 3 tahun untuk mendapatkan gelar Diploma (Amd). Menariknya, kalian gak usah capek-capek menyusun skripsi. Skripsi bukan syarat kelulusan untuk mendapatkan gelar Diploma. Syarat untuk lulus dan mendapatkan gelar Diploma yaitu mengikuti Kuliah atau Kerja Praktek. Kuliah atau Kerja Praktek merupakan kegiatan menyusun laporan riset. Setidaknya gak ribet kayak skripsi sih. Sedangkan kalau kalian lebih minat untuk kuliah S1, siap-siap aja kalian butuh waktu kuliah yang lebih lama dari D3. Untuk lulus S1 dengan gelar Sarjana, kalian butuh waktu 3,5 tahun sampai 4 tahun. Itupun di kelas belajarnya teori terus lho! Belum lagi kalian harus menghadapi skripsi di semester 8.

Baca juga: Kampus Perhotelan dan Pariwisata Terbaik di Indonesia!

 

 

Para Pengajar

 

Dosen D3 dan S1
Dosen D3 dan S1

Sumber: https://www.idntimes.com

Yah dari segi pengajarnya sudah jelas berbeda ya guys! Rata-rata dosen yang mengajar di D3 merupakan dosen yang telah berpengalaman dan ahli di bidangnya masing-masing. Hal ini dikarenakan dosen D3 telah memiliki pengalaman kerja yang sama. Jadi mereka paham betul bidang tersebut dari segi teori dan prakteknya. Untuk dosen di jenjang S1, mereka lebih berpengalaman dan ahli dalam teori dan riset. Dosen D3 itu lulusannya minimal S1 dan dosen S1 lulusannya minimal S2.

 

 

Potensi mendapatkan pekerjaan

 

Potensi mendapatkan pekerjaan lulusan D3 dan S1
Potensi mendapatkan pekerjaan lulusan D3 dan S1

Sumber: http://blog.jobsindonesia.com

Banyak orang yang beranggapan bahwa lulusan S1 tentu memiliki potensi mendapatkan pekerjaan lebih luas ketimbang hanya lulusan D3. Etsss, siapa bilang. Potensi untuk mendapatkan pekerjaan itu bukan hanya dilihat berdasarkan jenjang pendidikan yang kalian raih, melainkan pengetahuan, wawasan, serta kemampuan dan keterampilan yang kalian miliki. Para lulusan D3 memiliki potensi yang kuat dalam hal mendapatkan pekerjaan. Dikarenakan rata-rata perguruan tinggi dengan program Vokasinya, mentransfer mahasiswa-mahasiswanya untuk bekerja di perusahaan yang bekerjasama dengan perguruan tinggi tersebut. Begitupun lulusan D3 banyak yang bekerja sesuai dengan jurusan mereka. Untuk jenjang S1, yang seperti kita ketahui bahwa mereka memiliki peluang kerja yang lebih luas. Tanpa disadari bahwa kebanyakan lulusan S1 bekerja tidak sesuai dengan jurusan mereka. Hal ini karena lulusan S1 banyak teori, sedikit praktek. Sedangkan lulusan D3 banyak praktek, sedikit teori.

 

 

Mahasiswa dan lulusan D3 jauh lebih berpengalaman

 

D3 lebih berpengalaman
D3 lebih berpengalaman

Sumber: http://www.tribunnews.com

Tentunya dengan kuliah D3, kalian akan jauh lebih berpengalaman lho! Pengalaman yang dimaksud adalah pengalaman praktek. Yapss, seperti yang sudah dibahas di awal kalau mahasiswa dan lulusan D3 memiliki banyak pengalaman terhadap bidang jurusan mereka, mulai dari pengalaman belajar yang lebih banyak prakteknya ketimbang teori sampai pengalaman magang yang nantinya dapat diterapkan di dunia kerja.

Baca juga: Cara Melanjutkan Kuliah dari D3 ke S1!

Sebenarnya lulusan S1 lebih baik sih ketimbang lulusan D3. Untuk memilih antara D3 dan S1, itu semua tergantung minat dan kebutuhan kalian. Bagi kalian yang masih bingung cari info jurusan, kampus, atau beasiswa, kalian bisa cari dan temukan di www.edumor.com dan daftarkan akun kalian di www.edumor.com/signup untuk mendapatkan rekomendasi jurusan, kampus, serta beasiswa yang cocok! Dan bagi kalian yang belum punya dana untuk kuliah, kalian bisa manfaatkan fitur Student Loans. Student Loans adalah pinjaman uang yang hanya dapat kalian pergunakan untuk membayar biaya kuliah, dan dikembalikan dengan cara dicicil. Bisa kalian cek di https://www.edumor.com/share/edumorcicilid

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *