Jenis Tes USM PKN STAN

PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara ialah perguruan tinggi berbasis Politeknik yang dinaungi oleh Kementerian Keuangan . PKN STAN ini paling banyak diminati ketimbang sekolah ikatan dinas lainnya lho! Setelah lulus nanti, kalian akan diberikan kesempatan bekerja di Pemerintah khususnya di kantor Kementerian Keuangan ataupun kantor Kementerian Non Keuangan. PKN STAN menyediakan program studi seperti Perpajakan, Kepabeanan dan Cukai, Akuntansi, Kebendaharaan Negara, serta Manajemen Aset. Hayoo, siapa nih diantara kalian yang tertarik untuk masuk PKN STAN?

PKN STAN membuka penerimaan mahasiswa baru di setiap tahunnya melalui jalur mandiri yang dinamakan USM PKN STAN. Seleksi USM PKN STAN menggunakan beberapa jenis ujian, yakni;

 

Ujian Tertulis

Pada tahap pertama USM PKN STAN, kalian akan dihadapkan dengan ujian tertulis berupa Tes Potensi Akademik dan tes Bahasa Inggris. Tes tersebut berjumlah 120 soal TPA dan 60 Soal Bahasa Inggris dengan waktu pengerjaan 150 menit.

Baca juga: 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Masuk PKN STAN

 

Tes Kesehatan

Setelah mengikuti tahap ujian tertulis, kalian akan diikutsertakan serangkaian tes kesehatan yang meliputi pengukuran tinggi dan berat badan, tes buta warna dan mata minus, tes tekanan darah, pemeriksaan kebersihan gigi, kebersihan mulut, kebersihan telinga, tes kesehatan jantung, dll.

 

Tes Kebugaran jasmani

Jika lulus tes kesehatan, selanjutnya kalian mengikuti tes kebugaran jasmani. Pada tahap ini dibagi menjadi 2 jenis tes, yaitu; tes ketahan fisik berupa lari di lapangan dalam waktu tertentu dan tes kecepatan lari mengelilingi tiang.

 

Tes Wawancara

Setelah berhasil mengikuti tes tertulis sampai tes kebugaran jasmani, kalian akan mengikuti tahap terakhir berupa tes wawancara. Seperti wawancara pada umumnya, pertanyaan yang akan ditanyakan tidak jauh-jauh dari identitas diri, identitas orangtua, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, hobi, cita-cita, prestasi yang pernah kalian capai, pengalaman organisasi, pengalaman belajar, riwayat pendidikan, dan program studi yang dipilih.

Baca juga: Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Masuk PKN STAN

Walaupun kelihatannya sederhana, sistem seleksinya sangat ketat lho!

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *