Deret Perguruan Tinggi Terbaik di China

Sesuai kata pepatah “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina”.  Cina merupakan salah satu negara Asia yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia bahkan penduduk asing untuk menempuh pendidikan. Negara China memiliki kampus favorit  yang rata-rata biaya kuliahnya terbilang murah. Selain itu, biaya hidup disana juga terbilang sangat murah. Modal utama untuk bisa studi di negara China ialah bisa berbahasa Mandarin. Kalian tertarik untuk kuliah di China? Berikut rekomendasi deretan perguruan tinggi terbaik di China:

 

Shanghai Jiao Tong University

Shanghai Jiao Tong University Merupakan salah satu perguruan tinggi yang berlokasi di Kota Shanghai, yang mana kota tersebut dihuni lebih dari  5 juta masyarakat. Sudah didirikan sejak tahun 1896, Shanghai Jiao Tong University menduduki peringkat ke 1 perguruan tinggi terbaik di China dan peringkat ke 33  perguruan tinggi terbaik di Dunia versi UniRank 4icu. Kampus ini menghadirkan jenjang pendidikan sampai program Doktor dan telah menerima 35 ribu sampai 40 ribu mahasiswa.

 

Fudan University

Didirikan pada tahun 1905, Fudan University akreditasinya sudah diakui secara resmi oleh Departemen Pendidikan  China. Kampus yang berlokasi di pinggir kota Shanghai dengan jumlah 45 ribu mahasiswa. Menurut UniRank 4icu, Fudan University berada di peringkat ke 2 perguruan tinggi terbaik di China dan peringkat ke 46 perguruan tinggi terbaik di dunia.

 

Peking University

Berada di kota Beijing, Peking University mampu menampung sampai 40 ribu mahasiswa. Perguruan tinggi Peking University telah didirikan sejak 1898 yang mendapatkan ranking ke 3 sebagai perguruan tinggi terbaik di China dan peringkat ke 51 perguruan tinggi terbaik di dunia versi UniRank 4icu.

 

University of Science and Technology China

Berdasarkan penilaian UniRank 4icu, University  Science and Technology China menempati posisi ke 4 perguruan tinggi terbaik di China dan peringkat ke 100 perguruan tinggi terbaik di dunia. Tercatat kampus ini telah memiliki rata-rata 15 ribu sampai 20 ribu mahasiswa Sarjana.

 

Zhejiang University

Telah didirikan pada tahun 1897, berlokasi di sepanjang kota Hangzhou yang memiliki seribu hingga 5 ribu populasi. Sesuai data penilaian UniRank 4icu, Zhejiang University masuk sebagai perguruan tinggi terbaik di Taiwan urutan ke 5 dan perguruan tinggi terbaik di dunia urutan ke 115 dengan jumlah 40 ribu sampai 45 ribu mahasiswa.

 

Wuhan University

Berdasarkan penilaian UniRank 4icu mengenai perguruan tinggi terbaik, Wuhan University masuk ke dalam daftar perguruan tinggi terbaik di China deretan ke 6 dan perguruan tinggi terbaik di dunia deretan ke 118. Sekiranya Wuhan University memiliki kurang lebih 45 ribu mahasiswa.

 

Tsinghua University

Perguruan tinggi yang sudah berdiri sejak tahun 1911 ini, akreditasinya telah diakui oleh Departemen Pendidikan China serta memiliki 30 ribu sampai 35 ribu mahasiswa. Tsinghua University berada di kawasan kota metropolitan Beijing. Menurut hasil penilaian UniRank 4icu, Tsinghua University menduduki peringkat ke 7 perguruan tinggi terbaik di China  dan perguruan tinggi terbaik di dunia ke 120.

Huazhong University of Science and Technology

Huazhong University of Science and Technology merupakan perguruan tinggi terbaik di China urutan ke 8 dan perguruan tinggi terbaik di dunia deretan ke 139 versi UniRank 4icu. Kampus ini berdiri pada tahun 1953 di Kota Wuhan. Huazhong University of Science  and Technology dengan jumlah 30 ribu hingga 35 ribu mahasiswa telah terakreditasi oleh Departemen Pendidikan Republik China yang menawarkan berbagai program studi jenjang Sarjana.

 

Nanjing University

Akreditasinya pun sudah tidak perlu diragukan lagi guys! National Central University sama halnya dengan kampus lain yang telah terakreditasi secara resmi oleh Departemen Pendidikan Republik China. Kampusnya berlokasi di sepanjang kota metropolitan Nanjing. Dimana, kota tersebut memiliki 5 juta populas. Nanjing University merupakan perguruan tinggi terbaik ke 9 di China, serta perguruan tinggi terbaik di dunia peringkat ke 152.

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *