Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Masuk PKN STAN

PKN STAN merupakan sekolah ikatan dinas berada di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Kampus ini ialah salah satu sekolah ikatan dinas yang paling banyak peminatnya dari tahun ke tahun. PKN STAN menawarkan beberapa program studi yang meliputi D3 dan D4 Akuntansi, D1 dan D3 Pajak, D3 PBB, D1 serta D3 Kepabean dan Cukai, D1 dan D3 Kebendaharaan Negara, serta D3 Manajemen Aset. Setiap mahasiswa diberikan kesempatan yang luas untuk bisa langsung bekerja seusai lulus nanti di perusahaan Kementerian Keuangan atau Non Keuangan. Selain itu,  kalian tidak perlu memungut biaya sepeserpun untuk kuliah disana lho! Mulai dari uang pangkal hingga uang semester sepenuhnya telah ditanggung oleh Negara. Bahkan kalian akan diberikan uang jajan kurang lebih Rp 10 Juta per tahunnya. Wooow… Lumayan kan? Etsss tunggu dulu! Masuk PKN STAN tidak semudah yang kalian bayangkan lho! Setelah melalui tahap pendaftaran, kalian akan mengikuti 3 jenis ujian yaitu Ujian TPA, Ujian CPNS, dan tes wawancara. Sistem pelaksanaannya pun dibuat sangat disiplin dan super duper ketat sehingga tidak banyak yang lolos. Bagaimana guys, tertarik buat masuk PKN STAN?

 

Syarat dan Ketentuan Masuk PKN STAN:

– Merupakan lulusan SMA tahun 2016-2018.

– Memiliki nilai rata-rata rapot kelas 10 sampai 12 minimal 7,00.

– Telah dinyatakan lulusan SMA dengan nilai rata-rata minimal 7,00.

–  Peserta berusia minimal 20 tahun per 1 September.

– Sehat jasmani dan rohani (bukan pecandu narkoba dan semacamnya).

– Peserta merupakan calon mahasiswa single dan bersedia tidak menikah selama masa studi berlangsung.

– Khusus program studi D1 Kepabean dan Cukai merupakan calon mahasiswa perempuan dengan tinggi badan minimal 155 cm dan calon mahasiswa laki-laki yang memiliki tinggi badan minimal 165 cm.

– Untuk program studi D3 Kepabean dan Cukai merupakan calon mahasiswa laki-laki yang memiliki tinggi badan minimal 165 cm.

– Tidak buta warna.

– Peserta dengan gangguan kesehatan mata seperti silender dan minus maksimal 2 dioptri diperbolehkan untuk mendaftar.

– Bagi peserta yang mendaftar program Afirmasi merupakan lulusan SD sampai SMA di wilayah Papua, Papua Barat, NTT, Maluku, dan Maluku Utara yang dicalonkan oleh sekolah (setiap sekolah hanya dapat mencalonkan 1 siswa).

– Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300 Ribu.

 

Tata cara pendaftaran Masuk PKN STAN:

– Terlebih dahulu masuk ke halaman website https://spmb.pknstan.ac.id

– Login dengan menggunakan username dan password yang telah terdaftar di halaman website http://sscndikdin.bkn.ao.id

– Peserta memilih tempat studi (Kementerian Keuangan dan Non Kementerian Keuangan).

– Memilih program studi.

– Melampirkan Ijazah dan SKHUN.

– Pas foto berukuran 4×6 dengan keterangan latar foto berwarna merah dan menggunakan kemeja putih (khusus yang berhijab bisa gunakan hijab berwarna putih polos) ditempelkan di kartu peserta.

– Jika peserta baru lulus, silahkan lampirkan surat keterangan mengikuti UN atau surat keterangan lulus dari kepala sekolah.

– Bagi peserta yang mengambil program afirmasi bisa lampirkan surat rekomendasi dari sekolah beserta ijazah SD dan SMP, KTP orang tua, surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan, dan akte kelahiran peserta.

 

– Setelah data dan berkas sudah dilampirkan, peserta melakukan verifikasi untuk mendapatkan Mandiri Virtual Account.

– Melakukan pembayaran biaya pendaftaran via transfer ATM, Internet Banking, Mobile Banking, atau setor tunai di Bank Mandiri.

– Kemudian download dan cetak kartu peserta menggunakan kertas HVS A4 di halaman https://spmb.pknstan.ac.id.

Baca juga: Kampus yang Menyediakan Program Ekstensi 

Semoga Bermanfaat guys! Jangan lupa kunjungi www.eduumor.com untuk menemukan jurusan, kampus, dan beasiswa yang cocok. Daftarkan pula akun kalian di www.edumor.com/signup.

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *