Cara Melanjutkan Kuliah dari D3 ke S1

Tak sedikit calon mahasiswa yang memilih kuliah jenjang D3 ketimbang S1. Bisa jadi karena jurusan yang mereka pengen gak ada S1nya. Maka dari itu, sebelum pilih jurusan pastikan dulu jurusan yang kalian pilih itu ada S1nya atau gak. Memang apa sih unggulnya kuliah D3 ketimbang S1? Kuliah D3 itu lulusnya cepet. Kalian hanya butuh waktu tempuh selama 3 tahun saja. Sementara kalau S1 butuh waktu 4 tahun untuk lulus dan mendapatkan gelar Sarjana. Menariknya, di D3 kalian gak akan menghadapi Skripsi. Melainkan hanya ada KKN atau Kuliah Kerja Nyata. KKN itu semacam magang dengan membuat hasil laporan magang sebagai syarat untuk lulus. Jelas, buat laporan magang gak seribet kalian buat skripsi kok. Selain itu, selama kuliah kalian lebih banyak belajar secara praktik ketimbang teorinya. Kegiatan praktik yang diberikan bertujuan agar kalian memiliki keterampilan lebih yang ahli dibidangnya. Para lulusan D3 justru memiliki kesempatan kerja yang luas, khususnya yang lulus dari Sekolah Kedinasan. Lulusan Sekolah Kedinasan diberikan kesempatan bekerja di perusahaan yang bekerjasama dengan Sekolah Kedinasan. Contohnya, PKN STAN.

 

Banyak yang bilang zaman sekarang lulusan D3 susah cari kerjanya. Siapa bilang? Semua itu tergantung perusahaannya. Masih ada perusahaan yang mau menerima lulusan D3. Bahkan, yang sekadar tamatan SMA/SMK bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. Sebenarnya tergantung skill dan hoki. Perusahaan akan lebih tertarik dengan lulusan D3 yang punya skill bagus daripada lulusan S1 tapi skillnya kurang bagus. Dengan demikian, baik adanya kalian pertimbangkan dulu mau pilih D3 atau S1. Soalnya tanggung banget sih guys, mending langsung S1 aja.

 

Bagi kalian yang berminat kuliah D3, dan setelah lulus mau lanjut S1 pasti pada bingung dong gimana caranya. Edumor punya tipsnya nih. Pertama, kalian cari dulu perguruan tinggi yang menyediakan program D3 ke S1 atau bahasa lainnya Ekstensi. Selanjutnya, kalau mau lanjutin S1 sebaiknya pilih jurusan yang sebidang. Misalkan, dari D3 Teknik Komputer dan jaringan mau lanjut S1. Kalian bisa pilih S1 Teknik Informatika atau Sistem Informasi. Setelah itu pihak kampus yang akan cek berapa sisa SKS yang perlu kalian ambil untuk lulus S1. Selanjutnya, kalian pilih mata kuliah yang sama sekali belum pernah kalian ambil sewaktu D3. Kalau dari D3 ke S1 tapi beda jurusan bisa ga? Tentunya bisa, tapi harus ngulang dari semester 1 dan lulus dengan 2 gelar, yakni gelar Diploma dan Sarjana. 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *