Test Center Sistem Pengganti SBMPTN 2019

Kabar SBMPTN tahun 2019 akan segera dihapuskan masih simpang siur. Hal ini masih dipertanyakan oleh beberapa anak SMA. Akankah SBMPTN 2019 jadi dihapuskan? Menurut Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, penghapusan SBMPTN 2019 yang akan digantikan menjadi sistem Test Center masih menjadi sebuah wacana. Sistem Test Center merupakan sebuah model tes masuk PTN berbasis komputer. Test Center sendiri akan menjadi sebuah trobosan baru sebagai pengganti ujian SBMPTN yang terfokus untuk meningkat kemampuan akademik calon mahasiswa.

Seperti yang dilansir di Koran Jakarta.com, Menteri Ristekdikti mengatakan bahwa selama ini pelaksanaan ujian tulis SBMPTN sering mengalami kebocoran dan materi yang diberikan belum tentu pas untuk para calon mahasiswa baru. Mohamad Nasir menambahkan mulai tahun depan pola penerimaan seleksi mahasiswa baru akan lebih menitikberatkan kepada potensi akademik dan kemampuan calon mahasiswa. Seperti yang diketahui bahwa sekolah-sekolah di Indonesia masih terbatas akan ketersediaan fasilitas pembelajaran sehingga kemampuan akademik siswa pasti berbeda-beda.

Mohamad Nasir berwacana di tahun 2019 hanya ada penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN. Pelaksanaan Test Center ini kiranya dapat terlaksana lebih dari satu kali dalam setahun. Beliau mengharapkan agar Test Center dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan oleh peserta. Dalam pola Tes Center, peserta yang bersangkutan tidak perlu lagi datang ke lokasi ujian. Mereka bisa mengerjakan ujian dimana saja, sehingga mahasiswa yang tertinggal, terpencil, dan terluar diberikan kemudahan untuk mengikuti ujian masuk PTN.

Rencananya Test Center ini akan dibentuk seperti ujian tes TOEFL CBT untuk materi uji bahasa inggris. Dalam pelaksanaannya, Mohamad Nasir akan membentuk sebuah lembaga yang dinamakan Badan Layanan Umum. Badan Layanan Umum ini nantinya yang menyediakan Test Center, kemudian hasilnya langsung diberikan kepada PTN yang bersangkutan dan PTN di seluruh Indonesia.

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *