Sebelum Lintas Jurusan, Coba Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu!

Setiap siswa SMA pasti memiliki keinginan untuk masuk ke jurusan dan kampus favorit. Sudah menjadi budaya di zaman sekarang masih ada yang bingung  memilih jurusan. Padahal sebelum memilih jurusan, kalian harus mengetahui minat, bakat, dan kemampuan terlebih dahulu bukan? Hal sederhananya kalian bisa memperhatikan nilai pelajaran yang menonjol (pilih 2 atau tiga mata pelajaran). Kalau masih bingung, kalian bisa coba tes minat bakat. Dari hasilnya kalian bisa membandingkan apakah sesuai dengan minat bakat kalian atau tidak.

 

Ternyata banyak juga lho yang murtad jurusan atau lintas jurusan. Apa sih lintas jurusan itu? Lintas jurusan itu pilih jurusan yang beda sewaktu sekolah. Keputusan untuk lintas jurusan, mungkin karena siswa merasa jurusan sewaktu SMA tidak sesuai dengan minat dan bakat mereka atau bisa jadi karena faktor orangtua yang menyuruh mereka untuk lintas jurusan.

 

“Kak, kalau lintas jurusan dari IPA ke IPS atau sebaliknya bisa gak sih? Terus nanti belajarnya gimana”? Lintas jurusan sebenarnya bisa-bisa saja, asalkan kalian mampu menguasai bidang tersebut dan berani mengambil resiko. Saat lintas jurusan, kalian akan dihadapkan dengan materi yang belum pernah kalian pelajari sebelumnya. Mau gak mau kalian harus belajar dari awal. Misalkan biasanya di sekolah belajar Ekonomi, Sejarah, Sosiologi, dan Geografi, pas lintas jurusan kalian mesti belajar materi baru mulai dari awal. Yahhh kalau gak belajar dari awal, gimana caranya kalian bisa menguasai materi yang diberikan.

 

Di perguruan tinggi sama halnya dengan SMA yang terdiri dari jurusan IPA dan IPS. Kemudian, kalian harus tahu bahwa ada jurusan IPA yang masuk ke kategori IPS dan ada jurusan IPS yang masuk ke kategori IPA. Contohnya, Psikologi. Jurusan Psikologi terbagi atas 2 jurusan, yakni Psikologi IPA dan Psikologi IPS. Bedanya jurusan Psikologi IPA dengan Psikologi IPS, bisa kalian baca dengan klik link berikut ini bit.ly/2uZBPZ5. Sebelumnya lebih baik cari tahu kira-kira jurusan yang mau kalian pilih itu masuk ke kategori mana. Kalau beda kategori, itu namanya lintas jurusan.

 

Lalu, tentukan kalian mau masuk PTN atau PTS. Di PTN ada jalur SNMPTN, SBMPTN, jalur mandiri, dll. Khusus jalur SNMPTN, salah satu kriteria memilih jurusan ialah pilih jurusan yang sama sewaktu sekolah. Semisalnya kalian lintas jurusan di SNMPTN, peluang untuk diterima diserahkan sepenuhnya ke pihak kampus dan rata-rata peluang diterima sangatlah kecil. Sementara masuk PTN lewat jalur SBMPTN  maupun jalur mandiri, masih diperbolehkan untuk lintas jurusan, kecuali lulusan IPS gak bisa lintas ke jurusan kedokteran atau jurusan yang berhubungan dengan kesehatan. Masuk PTS gimana? Bisa gak lintas jurusan? Tergantung kampusnya guys. Kalian bisa tanyakan ke pihak kampus yang bersangkutan. Karena ada kampus yang memperbolehkan, ada pula kampus yang tidak memperbolehkan lintas jurusan. Pada umumnya, lulusan IPA memiliki peluang yang luas untuk memilih jurusan (bisa pilih IPA, bisa pilih IPS, atau pilih Bahasa). Sementara, lulusan IPS sebatas pilih jurusan IPS atau Bahasa.

Sudah paham kan? Semoga membantu.

Dan buat kalian yang masih bingung cari jurusan, perguruan tinggi, dan beasiswa, kalian bisa cari di www.edumor.com! Jangan lupa juga daftarkan akun kalian di www.edumor.com/signup untuk mendapatkan rekomendasi jurusan, perguruan tinggi, serta beasiswa yang cocok.

Sumber: http://halokampus.com/snmptn/lintas-jurusan-snmptn-ipa-ips/

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *