Jadwal Penting SMA Kelas 12

Juli

Pertengahan bulan Juli anak-anak sekolah sudah memasuki tahun ajaran baru di semester ganjil. Kegiatan belajar mengajar diawali dengan perkenalan para guru dan siswa baru. Biasanya masa perkenalan berlangsung paling lama satu minggu. Pada minggu berikutnya sudah memasuki tahap belajar sesuai jadwal mata pelajaran masing-masing kelas. Pada bulan ini, khususnya siswa SMA kelas 12 sudah memasuki masa di mana mereka mulai mencari tahu minat, bakat, kemampuan untuk menentukan jurusan kuliah apa yang cocok untuk mereka nanti. Untuk menentukan jurusan dan kampus yang cocok, para siswa akan mencari banyak informasi tentang jurusan dan kampus di berbagai media internet. Nah, untuk mencari jurusan dan kampus, kalian bisa coba cari dan temukan di www.edumor.com! Di edumor.com, kalian bisa menemukan banyak sekali info kuliah seperti jurusan, kampus, dan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan tersebut. Di situ kalian juga bisa menemukan beragam informasi beasiswa. Edumor menyediakan informasi beasiswa dari perguruan-perguruan tinggi di Indonesia dengan total beasiswa mencapai Rp 10 Miliar! Beasiswa ini bisa kalian cari di beasiswa.edumor.com. Untuk memilih jurusan dan perguruan tinggi,  terlebih dahulu bandingkan paling banyak 3 jurusan dan 3 perguruan tinggi. Lalu, cari tahu daya tampung dan peminat dari masing-masing jurusan dan perguruan tinggi. Kalian pun bisa mendiskusikan ke guru BK dan Orangtua kalian.

 

Agustus

Sekitar pertengahan Agustus sampai akhir bulan Agustus, sekolah-sekolah SMA sudah mulai melaksanakan kegiatan kunjungan ke berbagai perguruan tinggi swasta maupun negeri. Pada saat seperti ini, kalian akan dikasih tahu seluk beluk tentang perguruan tinggi dan jurusan apa saja yang tersedia di perguruan tinggi tersebut.  Catat info yang kalian dapatkan selama berkunjung ke kampus. Lalu, kumpulkan brosur kampus sebanyak-banyaknya untuk kalian ulas kembali.

 

September

Untuk kawan-kawan kelas dua belas, mulai bulan September kampus PTS sudah membuka penerimaan siswa baru. Beasiswa untuk masuk PTS pun juga sudah mulai dibuka.

 

Oktober

Persiapkan diri kalian untuk belajar dan menghadapi UTS  ya!

 

Desember

Waktunya pembagian rapot semester 1 nih! Perhatikan nilai mana yang paling menonjol. Dan berhati-hatilah dengan nilai mata pelajaran kalian yang jelek, usahakan untuk terus meningkatkan nilai per mata pelajaran.

 

Januari sampai Juli

Persiapkan diri kalian sebaik-baik mungkin untuk mengikuti seleksi masuk PTS. Cek websitenya untuk melihat pengumuman hasil seleksi secara berkala.

 

Februari

Akhir Februari hingga maret pendaftaran SNMPTN sudah dibuka. Jangan lupa daftar PDSS terlebih dahulu, kemudian isi formulir pendaftaran SNMPTN dengan teliti, termasuk ketentuan memilih jurusan dan perguruan tinggi! Selain itu, di awal bulan Februari hingga Juli sudah dibuka pendaftaran seleksi mandiri masuk PTN jenjang Diploma. Cek terus jadwal pendaftaran dan pengumumannya!

 

Maret

Kira-kira di awal bulan maret kalian akan mengikuti UAS semester genap. Lalu, di pertengahan sampai akhir bulan Maret kalian akan mengikuti Ujian Sekolah dan Ujian Praktek.

 

April

Bulan April adalah bulan yang paling menegangkan untuk para siswa SMA/SMK kelas 12. Di bulan ini, kalian akan mengikuti Ujian Nasional. Selang beberapa lama kalian akan menerima pengumuman hasil SNMPTN.

 

Mei

Sekitar awal bulan Mei jangan lupa ada pengumuman kelulusan SMA/SMK lho! Kira-kira kalian lulus gak nih? Etss, setelah lulus kalian harus mempersiapkan diri kembali untuk masuk PTN. Karena setelah pengumuman kelulusan SMA/SMK, kalian harus mendaftar dan menghadapi kembali ujian SBMPTN. Wowww…Belum lagi ada seleksi mandiri masuk PTN jenjang S1 di akhir bulan Mei hingga akhir Juli.

Catat nih infonya, supaya kalian gak kelupaan!

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *