Deret Perguruan Tinggi Terbaik di Korea

Korea yang sering disebut dengan negara penghasil Gingseng merah dan negara surganya K-Pop ternyata cukup banyak diminati oleh kalangan anak-anak mudah di seluruh dunia untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Selain budayanya yang unik, makan, dan bahasanya juga unik lho! Kalian termasuk yang berminat untuk kuliah di korea? Kebetulan nih, edumor punya rekomendasi perguruan tinggi terbaik di Korea. Silahkan disimak!

 

Seoul National University

Didirikan pada tahun 1946, Seoul National University adalah lembaga pendidikan perguruan tinggi swasta nirlaba yang berlokasi di kota metropolitan Seoul Lembaga ini juga memiliki kampus cabang di Suwon. Kampus ini secara resmi telah diakui akreditasinya oleh Departemen Pendidikan Korea. Seoul National University merupakan perguruan tinggi terbaik ke 14 di Asia, peringkat ke 1 perguruan tinggi terbaik di Korea, dan peringkat ke 186 perguruan tinggi terbaik di dunia  berdasarkan data UniRank, yang memiliki 25.000 sampai 30.000 mahasiswa. Seoul National University menawarkan beberapa program studi dengan gelar Diploma, Sarjana, hingga Doktor. Institusi pendidikan tinggi ini memiliki kebijakan penerimaan mahasiswa baru yang begitu selektif berdasarkan pada ujian masuk dan hasil perolehan nilai akademik mahasiswa sebelumnya. Rentang tingkat penerimaan mahasiswa baru ialah 10%-20%.

 

Korean Advanced Institute of Science and Technology

Sebagai perguruan tinggi terbaik di Korea, Korean Advanced Institute of Science and Technology masuk ke dalam jajaran perguruan tinggi terbaik ke 24 di Asia, peringkat ke 2 perguruan tinggi terbaik di Korea, dan peringkat ke 287 perguruan tinggi terbaik di dunia  berdasarkan penilaian UniRank. Korean Advanced Institute of Science and Technology atau KAIST berlokasi di Daejeon, Korea Selatan memiliki jumlah mahasiswa dengan total 7.000 hingga 8.000 mahasiswa. Setiap lulusan hanya akan memperoleh gelar Sarjana.

 

Yonsei University

Menempati posisi ke 30 perguruan tinggi terbaik di Asia, peringkat ke 3 perguruan tinggi terbaik di Korea, dan peringkat ke 309 perguruan tinggi terbaik di dunia menurut UniRank. Yonsei University memiliki jumlah mahasiswa sebanyak 35.000 sampai 40.000 mahasiswa dengan menyediakan program pendidikan bergelar Sarjana hingga Doktor. Setiap mahasiswa akan dididik menggunakan ajaran agama Kristen Protestan.

 

Korea University

Lembaga pendidikan perguruan tinggi yang berlokasi di Seoul, Korea Selatan ini telah berdiri sejak tahun 1905 dengan jumlah 25.000-30.000 mahasiswa. Tercatat sebagai perguruan tinggi terbaik ke 43 di Asia, peringkat ke 4 perguruan tinggi terbaik di Korea, dan peringkat ke 396 perguruan tinggi terbaik di dunia.  menurut hasil penilaian UniRank.

 

Pusan National University

Kalian masih ingat film Trailer Train of Busan? Film ini berlokasi di Kota Busan, Korea. Sama halnya dengan kampus yang satu ini, Pusan National University namanya. Universitas ini merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di daerah Busan yang sudah berdiri sejak tahun 1946. Berdasarkan hasil penilaian UniRank, Pusan National University menduduki peringkat perguruan tinggi terbaik di Asia urutan ke 59, peringkat ke 5 perguruan tinggi terbaik di Korea, dan peringkat ke 496 perguruan tinggi terbaik di dunia.

 

Hanyang University

Hanyang University terletak di kota Metropolitan Seoul yang jumlah populasi penduduknya berkisar antara 5 juta penduduk. Kampus ini juga terletak di kota Ansan. Hanyang University menduduki peringkat ke 68 perguruan tinggi terbaik di Asia, peringkat ke 6 perguruan tinggi terbaik di Korea, dan peringkat ke 533 perguruan tinggi terbaik di dunia versi UniRank dengan jumlah 35.000-40.000 mahasiswa. Hanyang University menawarkan program studi mulai dari jenjang Sarjana sampai Doktor.

 

Sogang University

Sogang University mengajarkan setiap mahasiswanya berdasarkan ajaran agama Kristen dan Katolik. Kampus ini didirikan pada tahun 1960. Tercatat sudah ada 10.000 sampai 15.000 mahasiswa yang kuliah disana. Berdasarkan UniRank, Sogang University merupakan perguruan tinggi terbaik ke 155 di Asia, terbaik ke 7 di Korea, dan terbaik ke 924 di dunia.

 

Chung-Ang University

Didirikan pada tahun 1918 dengan total 6.000 sampai 7.000 mahasiswa, Chung-Ang University menduduki peringkat ke 8 sebagai perguruan tinggi terbaik di Korea, peringkat ke 942 perguruan tinggi terbaik di dunia dan peringkat ke 160 perguruan tinggi terbaik di Asia versi penilaian UniRank.

 

Ewha Womans University.

Dari namanya saja sudah ketahuan kalau perguruan tinggi ini hanya menerima mahasiswa perempuan saja. Ewha Womans University dicap sebagai salah satu perguruan tinggi tertua di Korea, yang didirikan pada tahun 1886 dengan jumlah 15.000 sampai 20.000 mahasiswa. Berdasarkan penilaian UniRank, Ewha Womans University menduduki peringkat ke 200 perguruan tinggi terbaik di Asia, peringkat ke 9 perguruan tinggi terbaik di Korea, dan peringkat ke 1.101 perguruan tinggi terbaik di dunia.

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *