Kiat Sukses Masuk PTN

Zaman sekarang menempuh pendidikan sampai ke tingkat perguruan tinggi sangatlah penting.  Hal seperti ini di karena rata-rata perusahaan memiliki kriteria calon karyawannya harus memiliki gelar Diploma atau Sarjana. Tapi gak juga kok, buktinya masih ada banyak perusahaan yang masih mau menerima calon karyawan hanya sebatas lulusan SMA/SMK. Bagaimanapun juga menempuh pendidikan sampai perguruan tinggi sangatlah penting.  Dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan perguruan tinggi, PTN merupakan satu-satunya jenis perguruan tinggi yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Memang masuk PTN tidak semudah masuk PTS. Akan tetapi, asalkan ada usaha dan kerja keras pasti bisa. Nah, berikut edumor kasih tips kiat sukses masuk PTN!

 

Tingkatkan prestasi kalian sewaktu di sekolah

Yaps, masuk PTN tidaklah mudah lho guys! Masuk PTN itu saingannya banyak dan masing-masing PTN memiliki jumlah daya tampung dan keketatan yang berbeda-beda. Jadi gak heran deh kenapa yang daftar PTN banyak, tapi yang masuk sedikit. Kiat pertama untuk masuk PTN dengan mudah adalah tingkatkan prestasi akademik maupun non akademik. Perihal ini, dari jalur masuk PTN beberapa diantaranya ada yang mengharuskan calon peserta memiliki prestasi yang baik dari segi akademik (nilai rapor kelas 10 sampai kelas 11) maupun prestasi non akademik (pernah meraih penghargaan di dalam lingkungan sekolah atau luar lingkungan sekolah. Jika ada mata pelajaran di setiap semester menurun dalam arti sewajarnya, tentunya kalian masih memiliki peluang untuk lolos masuk PTN. Kalau kalian memilih masuk PTN melalui jalur tanpa tes atau berdasarkan prestasi seperti SNMPTN, pihak kampus memiliki kriteria nilai rata-rata yang harus dicapai agar peluang diterima semakin besar. Sangat disayangkan bahwa kriteria nilai rata-rata tersebut tidak pernah diberitahukan oleh pihak manapun. Bahkan, pihak sekolah tidak tahu sama sekali. Jika kalian ingin kuliah dengan bidang yang sama atau berbeda dengan jurusan waktu SMA / SMK, perhatikan dan tingkatkan nilai mata pelajaran pada bidang tersebut di setiap semesternya.

 

Persiapkan diri untuk belajar UN dan SBMPTN

Kelas 12 adalah penentuan masuk kuliah, sehingga kalian mesti mempersiapkan jauh-jauh hari untuk belajar masuk PTN bukan? Sebelum mengikuti ujian seleksi PTN, ada yang dinamakan proses Ujian Nasional. Teruntuk itu, alangkah baiknya persiapkan dirimu untuk belajar UN dan belajar SBMPTN secara bersamaan, bukan malah belajar UN dulu baru belajar SBMPTN setelah UN selesai. Hal ini dikarenakan materi UN dan SBMPTN hampir sama. Belajar kerap kali membuat kita malas. Awali keinginan belajarmu dengan niat. Karena segala sesuatu harus dijalankan dengan niat dan kesungguhan. Niat dan kesungguhan adalah kunci dalam mempersiapkan diri masuk PTN.

 

Ikut Bimbel dan Try Out bisa menjadi salah satu solusi

Untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian Masuk PTN, kalian bisa coba ikut Bimbel dan Try Out. Melalui Bimbel dan Try Out kalian akan disajikan materi soal beserta pembahasannya, sehingga kalian semakin matang dalam menguasai materi. Mengikuti program Bimbel dan Try Out merupakan sebuah ajang untuk menguasai serta mengetahui kesiapan diri dalam menghadapi ujian masuk PTN nanti. Meskipun biaya yang dikeluarkan terbilang tidaklah murah, Bimbel dan Try Out ini sekiranya bisa menjamin kalian lulus masuk PTN walaupun tidak menjamin 100%. Yang menjamin kalian bisa lolos masuk PTN bukanlah lembaga Bimbel ataupun lembaga Try Out yang kalian ikuti, melainkan diri sendiri. Jadi kalau kalian gak lulus, jangan salahkan lembaganya!

 

Pelajari materi soal beberapa tahun sebelumnya

Kiat sukses yang satu ini tidak kalah penting Guys! Untuk menguasai materi masuk PTN lebih dalam, kalian perlu mempelajari materi soal tahun sebelumnya. Soal-soal di tahun sebelumnya ada beberapa yang pasti keluar pada saat ujian nanti. Setidaknya materi soal ujian yang kalian pelajari memiliki rentang tahun 1-5 tahun.

 

Konsisten dan Disiplin

Selain ada niat dan kesungguhan untuk belajar, belajar itu harus didasari dengan konsistensi dan kedisiplinan yang tinggi. Sebelum mulai belajar, tentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar setiap harinya. Kemudian lakukan secara konsisten dan disiplin setiap harinya. Belajar dengan konsisten dan disiplin jauh lebih baik ketimbang belajar hanya 2 hari dalam seminggu.

 

Pilih jurusan yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuanmu.

Selain belajar menjadi faktor penentu sukses masuk PTN, pemilihan jurusan juga merupakan dari bagian faktor keberhasilan masuk PTN. Untuk itu pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuanmu. Jangan pilih hanya karena jurusan itu keren dan punya prospek kerja yang bagus. Jurusan yang memiliki prospek kerja bagus belum tentu sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuanmu. Sebelum itu, cari tahu dulu minat, bakat, serta kemampuanmu ada di bidang apa. Contohnya, kalian bisa coba tes minat bakat. Meskipun tidak 100% akurat, setidaknya kalian punya gambaran jurusan apa yang cocok untuk kalian pilih. Pemilihan jurusan yang tepat sangatlah penting guys! Di Indonesia sendiri, sekitar 80% mahasiswa mengalami salah jurusan. Akibatnya, banyak dari mereka yang pindah jurusan, pindah kuliah dan pindah jurusan, atau bahkan berhenti kuliah. Memilih jurusan yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan kalian juga bisa dilihat dari nilai mata pelajaran. Perhatikan nilai mata pelajaran apa yang paling menonjol. Percuma saja kalau pilih jurusan yang sesuai dengan minat kalian, tapi tidak sesuai dengan kemampuan  dan bakat kalian, ujung-ujungnya pasti SALAH JURUSAN.

 

Jangan terlalu memaksakan diri

Terkadang banyak juga calon mahasiswa yang terlalu memaksakan diri dalam memilih jurusan dan perguruan tinggi. Mungkin keinginan orangtua bisa jadi salah satu faktor mengapa kalian terlalu memaksakan diri memilih jurusan dan perguruan tinggi. Memilih jurusan dan kampus impian adalah hak kalian, akan tetapi ada batasannya. Yang terpenting jurusan dan kampus yang kalian pilih itu sesuai tidak dengan kemampuan kalian. Kalau gak sesuai, yahh jangan dipaksa.

 

Perhatikan jumlah peminat dan daya tampung

Setelah memilih jurusan yang secara tepat, otomatis kalian juga harus memilih kampus yang tepat. Caranya, kalian harus cari tahu jumlah peminat tahun lalu dan daya tampung di tahun sekarang dari jurusan tersebut. Coba bandingkan satu PTN dengan PTN lain. Jikalau, antara PTN X dengan PTN Y, rasionya lebih besar PTN X, berarti PTN X memiliki kesulitan yang lebih tinggi daripada PTN Y, begitupun sebaliknya.

 

Perhatikan jejak alumni yang pernah diterima di PTN

Jejak alumni merupakan salah satu faktor peluang diterimanya masuk PTN. Alumni yang dimaksud adalah kakak kelas kalian yang telah lulus SMA / SMK 1 tahun lalu, kemudian diterima di suatu jurusan dan PTN terkait. Semakin banyak jumlah alumni yang diterima, semakin besar pula peluang untuk kalian diterima masuk ke PTN tersebut. Dan jika alumni kalian memiliki jejak yang baik dari segi prestasi, maka peluang diterima juga semakin besar.

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *