Deretan Perguruan Tinggi Terbaik di Jepang

Jepang sebuah negara di Asia yang memiliki keunikan dalam hal budaya, bahasa, dan kulinernya. Di berbagai negara di dunia juga banyak yang mempelajari Bahasa Jepang, termasuk Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang mayoritasnya memiliki ketertarikan tersendiri terhadap Jepang. Misalnya, orang-orang Indonesia suka sekali nonton Anime (animasi buatan Jepang) dan menghadiri acara jejepangan. Belajar bahasa Jepang tidaklah mudah lho! Untuk menempuh pendidikan di Jepang, ada beberapa perguruan tinggi yang mengharuskan calon mahasiswanya bisa berbahasa Jepang, dan ada pula perguruan tinggi di Jepang yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Selain itu, ada juga perguruan tinggi yang memfasilitasi calon mahasiswa dalam kursus Bahasa Jepang selama 1 tahun sebelum menempuh pendidikan disana. Bagaimana? Kalain tertarik untuk kuliah di Jepang. Berikut ini deretan perguruan tinggi terbaik di Jepang:

 

The University of Tokyo

Didirikan pada tahun 1877 sebagai universitas imperial pertama, Universitas Tokyo adalah salah satu dari lembaga pendidikan tinggi paling bergengsi di Jepang. Pada tahun 2011, universitas yang dijuluki Todai ini menempati peringkat kedua di dunia setelah Harvard University. Sejumlah 500 alumni telah bekerja sebagai CEO dari perusahaan Fortune, 15 dari 62 Perdana Menteri dididik di The University of Tokyo dan 5 alumni menjadi Astronot. The University of Tokyo memiliki 10 Fakultas dan 15 Sekolah, dengan total sebanyak 30.000 mahasiswa. 2.100 diantaranya berasal dari luar negeri. Universitas ini menyediakan program pendidikan jenjang Sarjana dan Pascasarjana. Secara keseluruhan pembelajarannya menggunakan Bahasa Inggris.  

Skor penilaian The University of Tokyo:

Skor keseluruhan: 85,3.

Akademik:100.

Karyawan: 99,5.

Mahasiswa fakultas: 94,2.

Fakultas:72,2.

Fakultas internasional:12,3.

Mahasiswa internasional: 25,5.

 

Kyoto University

Universitas Kyoto adalah salah satu institusi berorientasi penelitian terkemuka di Asia yang 13 diantaranya meriah predikat sebagai pemenang nobel. Kyoto University menduduki peringkat kompetitif di sebagian besar peringkat, masuk dalam dua besar Universitas di Jepang, 10 besar Universitas  di Asia, dan di 50 universitas teratas secara global.

Skor penilaian Kyoto University:

Skor keseluruhan: 81,2.

Akademik:98,6.

Karyawan:93,2.

Mahasiswa fakultas: 95,7.

Fakultas:56,6.

Fakultas internasional:17,4.

Mahasiswa internasional:18,2.

 

Tokyo Institute of Technology

Tokyo Institute of Technologi memiliki 3 kampus, satu kampus berdekatan dengan Yokohama dan dua kampus berada di ibukota Jepang. Institute ini telah dikenal lama dalam bidang penelitian teknologi dan ilmu pengetahuan alamnya. Kurikulum pembelajarannyapun  berasal dari lembaga penelitian bernama ELSI. Jadi mahasiswa akan berhubungan langsung dengan para peneliti top dunia di laboratorium.

Skor Tokyo Institute of Technology:

Skor keseluruhan:71.

Akademik:74,6.

Karyawan:80.

Mahasiswa fakultas:90,4.

Fakultas: 59,8.

Fakultas internasional:31.

Mahasiswa internasional:27,1.

 

Osaka University

Sebagai perguruan tinggi terbaik di dunia urutan ke 67 dan perguruan tinggi terbaik di Asia ke 15 versi QS World Ranking, Osaka University ialah universitas tertua ke enam di Jepang yang telah didirikan sejak tahun 1724. Osaka University masuk ke urutan universitas top ke 40 untuk bidang Ilmu Alam, Kedokteran Gigi, Fisika dan Astronomi, dan bidang Teknik Kimia.

Skor penilaian Osaka University:

Skor keseluruhan:67,7.

Akademik:79,4.

Karyawan:70,5.

Mahasiswa fakultas:81,3.

Fakultas:52,2.

Fakultas internasional:23,9.

Mahasiswa internasional:15,5.

 

Tohoku University

Merupakan perguruan tinggi pertama di Jepang yang menerima mahasiswa wanita dan mahasiswa internasional. Tohoku University terus merekrut ilmuwan dan peneliti paling berbakat di dunia untuk melakukan penelitian yang inovatif. Masuk dalam peringkat Perguruan Tinggi terbaik di Asia ke 20 versi QS World, Tohoku University menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik untuk mendominasi peringkat global urutan ke 77.

Skor penilaian Tohoku University:

Skor keseluruhan: 64,3.

Akademik: 98,6.

Karyawan: 93,2.

Mahasiswa fakultas: 95,7.

Fakultas: 56,6.

Fakultas internasional:17,4.

Mahasiswa internasional:18,2.

 

Nagoya University

Sejak didirikan pada tahun 1939, Nagoya University adalah salah satu dari tujuh universitas kekaisaran yang telah berkembang menjadi salah satu universitas terkemuka di Jepang. Setelah menetapkan filosofi dasar untuk pengajaran dan penelitian, ia telah menciptakan sistem pendidikan dan penelitian yang unik, yang memungkinkan universitas untuk mencapai standar tinggi dalam berbagai penelitian. Nagoya University tercatat memiliki 200 mahasiswa pertukaran akademik internasional dari lembaga luar negeri. Versi QS World Ranking, Nagoya University memasuk peringkat Perguruan Tinggi terbaik di dunia urutan 111 dan urutan ke 27 sebagai perguruan tinggi terbaik di Asia.

Skor penilaian Nagoya University:

Skor keseluruhan:57,3.

Akademik: 60,9.

Karyawan: 45,7.

Mahasiswa fakultas: 95,8.

Fakultas: 35,4.

Fakultas internasional:17,8.

Mahasiswa internasional: 21.

 

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *