Deretan Perguruan Tinggi Terbaik di Malaysia

Malaysia merupakan salah satu negara bagian di Asia Tenggara sekaligus masuk ke dalam negara ASEAN. Malaysia memiliki kebudayaan dan bahasa melayu yang sangat kental. Jadi tidaklah heran kalau orang-orang Malaysia menggunakan Bahasa Melayu sebagai bahasa kedua setelah Bahasa Inggris.  Untuk studi di Malaysia, ada beberapa sekolah dan perguruan tinggi yang menggunakan Bahasa Melayu sebagai bahasa pengantarnya, dan ada pula yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Kalian berminat untuk kuliah di Malaysia? Berikut ini deretan perguruan tinggi terbaik di Malaysia:

 

Universiti Kebangsaan Malaysia

Menurut QS World Ranking, Universiti Kebangsaan Malaysia menduduki peringkat perguruan tinggi terbaik di dunia ke 184 dan peringkat ke 43 terbaik di Asia. Universitas ini didirikan sejak tahun 1971, yang lokasinya berdekatan dengan pinggiran kota administrasi Malaysia Putrajaya. Universitas ini mampu menarik pelajar lokal maupun internasional dengan menawarkan berbagai program pendidikan jenjang Sarjana dan Pascasarjana.

Program yang ditawarkan memastikan bahwa program tersebut harus dapat memenuhi kebutuhan teknologi sebagai permintaan di dunia industri. Universiti Kebangsaan Malaysia menerapkan metode Massive Open Online Courses. Untuk memenuhi tujuan utamanya dalam mendidik bangsa, Universiti Kebangsaan Malaysia memiliki 13 Fakultas, 13 Institut, 10 asrama, dan 10 pusat layanan pendidikan. Universitas ini menawarkan biaya pendidikan sebesar kurang lebih USD 2.000. Dan total mahasiswa sekitar 16.000 mahasiswa.

Skor yang diraih oleh Universiti Kebangsaan Malaysia:

Skor keseluruhan: 45.5

Akademik:47,4.

Karyawan:33,6.

Mahasiswa fakultas: 80,9.

Skor per fakultas: 13,7.

Fakultas Internasional: 44,1.

Mahasiswa Internasional: 38,4.

Universiti Putra Malaysia

Universiti Putra Malaysia sebelumnya dikenal sebagai Universiti Pertanian Malaysia yang didirikan pada 1971 melalui gabungan Fakultas Pertanian dengan Universitas Malaysia dan Pertanian di Serdang. Fakultas pertama yang didirikan ialah Fakultas Pertanian, Fakultas Kehutanan, serta Fakultas Kedokteran Hewan dan Ilmu Hewan. Di tahun 1980-an, Universiti Pertanian Malaysia memperluas program pendidikan dengan program studi yang bergerak di bidang teknologi dan ilmu pengetahuan sehingga pada tahun 1997, nama Universiti Pertanian Malaysia diubah menjadi Universiti Putra Malaysia oleh Perdana Menteri Malaysia bernama Dr.Mahathir Mohamed. Sesuai penilaian QS World Ranking, Universiti Putra Malaysia meraih peringkat perguruan tinggi terbaik di dunia urutan ke 202 dan peringkat ke 36 perguruan tinggi terbaik di Asia.

Skor yang diraih oleh Universiti Putra Malaysia:

Skor keseluruhan: 43,8.

Akademik:41.

Karyawan:33,2.

Mahasiswa fakultas:67.3.

Skor per fakultas: 19,7.

Fakultas Internasional: 55,9.

Mahasiswa Internasional:74,4.

 

Universiti Sains Malaysia

Universiti Sains Malaysia ialah Universitas kedua tertua di Malaysia dan menjadi salah satu Universitas termuka di Malaysia. Dorongan utamanya dalam pengembangan pendidikan tinggi adalah di bidang Ilmu Alam, Ilmu Terapan, Ilmu Kesehatan dan Medis, Ilmu Farmasi, Ilmu & Teknologi Bangunan, Ilmu Sosial, serta bidang Kemanusiaan dan Pendidikan. Universiti Sains Malaysia merupakan satu-satunya Universitas yang menyelenggarakan APEX (Accelerated Program for Excellence). APEX adalah status khusus yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia. Universiti Sains Malaysia menawarkan 26 sekolah untuk jenjang Sarjana dan Pascasarjana, serta program mahasiswa local maupun internasional. Universitas ini masuk sebagai perguruan tinggi terbaik di dunia ke 207 dan  perguruan tinggi terbaik di Asia ke 46 versi QS World Ranking.

Skor yang diraih oleh Universiti Sains Malaysia:

Skor keseluruhan: 43..

Akademik:45,9.

Karyawan: 40,9.

Mahasiswa fakultas:64.3.

Skor per fakultas: 19,6.

Fakultas Internasional: 36.

Mahasiswa Internasional: 37,5.

 

Universiti Teknologi Malaysia

Sekolah Teknik memulai operasinya di Weld Road, Kuala Lumpur pada tahun 1904 untuk mengajar Asisten Teknis di Departemen Kereta Api, Survei, dan Pekerjaan Umum. Pada tahun 1941, Sekolah Teknik diangkat ke status perguruan tinggi dan pada tahun 1955, The Technical College dibentuk dan secara resmi dibuka oleh Komisaris Tinggi Inggris, Sir Donald MacGillivary. Pada tahun-tahun awal, Perguruan Tinggi Teknik melakukan kursus teknik tingkat diploma bidang Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Listrik dan Radio, Survei Tanah, Arsitektur Bangunan dan Survei Kuantitas. Sebuah kursus khusus di bidang Teknik Otomotif ditawarkan kepada petugas penegak transportasi. Pada tahun 1960, Technical College meningkatkan program tekniknya ke tingkat Baccalaureate, di mana siswa yang mengikuti kursus memiliki kesempatan untuk mengikuti ujian profesional yang dilakukan oleh Institution of Civil Engineers, Institution of Mechanical Engineers, Royal Institute of British Architects dan Royal Institute of Chartered Surveyors, Inggris. Pada tahun 1972, Universitas Teknik secara resmi ditingkatkan menjadi universitas dengan nama Institut Teknologi Kebangsaan. Kemudian, pada tahun 1975, Institut diubah namanya menjadi Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Universiti Teknologi Malaysia  memiliki dua kampus. Kampus utama dengan luas bangunan sebesar 1.222 hektar terletak di Skudai, Johor Bahru, Malaysia. Nah, berdasarkan penilaian QS World Ranking, Universitas Teknologi Malaysia memperoleh peringkat perguruan tinggi terbaik di dunia ke 228 dan sebagai perguruan tinggi terbaik ke 49 di Asia.

Skor yang diraih oleh Universiti Teknologi Malaysia:

Skor keseluruhan: 40,5.

Akademik:30,1.

Karyawan: 35,6.

Mahasiswa fakultas:85.3.

Skor per fakultas: 17,1.

Fakultas Internasional: 27,8.

Mahasiswa Internasional:58,8.

 

Universiti Utara Malaysia

Kampus Universiti Utara Malaysia terletak di Sintok, 48 Kilometer di utara Alor Star dan 10 Kilometer di sebelah timur Changlun, sebuah kota kecil yang terletak di sepanjang North-South Highway. Kampus seluas 1.061 hektar, yang semula merupakan area penambangan timah, dikelilingi oleh pemandangan yang indah, hutan tropis yang rimbun dan pegunungan. Selain itu, dua sungai mengalir di dalam kampus, sungai Sintok dan Badak, menciptakan lingkungan yang paling menyenangkan dan tenang. Universiti Utara Malaysia merupakan salah satu kampus paling indah dan modern di wilayah utara. Kampus Universiti Utara Malaysia mulai beroperasi pada 15 September 1990 dan secara resmi dinyatakan terbuka oleh Royal Chancellor Universiti Utara Malaysia pada tanggal 17 Februari 2004. Untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa, Universiti Utara Malaysia menyediakan 15 asrama yang dapat menampung sebanyak 20.000 mahasiswa. Sesuai penilaian QS World Ranking, Universiti Utara Malaysia masuk sebagai perguruan tinggi terbaik di dunia urutan ke 601 dan perguruan tinggi terbaik di Asia urutan ke 131.

Skor yang diraih oleh Universiti Utara Malaysia:

Mahasiswa fakultas:36,4.

Fakultas Internasional:39,3.

Mahasiswa Internasional:72,4.

 

International Islamic University Malaysia

Salah satu Universitas Islam terbaik di Malaysia ini masuk sebagai perguruan tinggi terbaik di dunia ke 651 dan perguruan tinggi terbaik di Asia ke 163. Universitas Islam Internasional Malaysia didirikan pada tahun 1983 di Malaysia yang berada di beberapa lokasi kampus di Gombak, Selangor dengan Pusat Studi Foundation yang terletak di Petaling Jaya dan Gambang, Pahang dan cabangnya yang berpusat di Kuantan, Pahang. Universitas ini menawarkan program pendidikan  dari jenjang Sarjana sampai Pascasarjana. Mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di International Islamic University Malaysia diminta untuk memiliki skor TOEFL 550 atau skor IELTS 6,0.

Skor yang diraih oleh International Islamic University Malaysia

Mahasiswa fakultas:26,6.

Fakultas Internasional:41.

Mahasiswa Internasional:67,7.

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *