Ujian Nasional Perbaikan 2018/2019, Catat Info dan Jadwal Pentingnya!

Pada dasarnya Ujian Nasional merupakan ujian yang menentukan apakah siswa yang bersangkutan layak atau tidak untuk lulus dari sebuah sekolah. Kali ini kelulusan sekolah sudah tidaklah terpaku kepada hasil Ujian Nasional lagi, melainkan berdasarkan Ujian Sekolah atau Ujian Akhir Sekolah Berbasis Nasional (UASBN). Berdasarkan keputusan Kemendikbud, Ujian Nasional di tahun 2018 sedikit berbeda dari Ujian Nasional tahun sebelumnya. Di tahun 2018, Kemendikbud memberikan kesempatan bagi siswa yang memperoleh nilai jelek pada Ujian Nasional untuk mengikuti Ujian Nasional kembali melalui Ujian Perbaikan. Ujian Nasional Perbaikan sama sekali tidak akan mempengaruhi status ijazah siswa. Yang mana apabila siswa tidak lulus Ujian Nasional dan mengikuti Ujian Nasional kembali, ijazah siswa tersebut akan berubah menjadi ijazah paket C. Dengan adanya Ujian Nasional Perbaikan, maka ijazah siswa yang bersangkutan tidak akan berubah menjadi paket C. Penyelenggaraan Ujian Nasional Perbaikan ini dikarenakan ada beberapa kampus yang memiliki nilai standard tertentu dalam menerima calon mahasiswa baru.

Berikut ini adalah ketentuan Ujian Nasional Perbaikan 2018:

– Penyelenggaraan Ujian Nasional Perbaikan diperuntukan bagi siswa SMA / SMK tahun ajaran 2016 sampai 2018 (berlaku juga bagi yang mengikuti Ujian Nasional paket C).

– Memiliki Ijazah, SKHUN, atau  Surat Keterangan Lulus yang telah dilegalisir.

– Mata pelajaran yang diperbaiki merupakan mata pelajaran dengan nilai di bawah 5.

– Siswa yang memperoleh nilai mata pelajaran di atas 5, tetap diperbolehkan mengikuti Ujian Nasional Perbaikan.

– Pendaftaran Ujian Nasional Perbaikan sama sekali tidak dipungut biaya atau GRATIS.

– Pelaksanaan Ujian Nasional Perbaikan menggunakan sistem UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer.

– Ujian Nasional Perbaikan dilaksanakan di tempat pertama pilihan siswa mendaftar.

 

Prosedur pendaftaran Ujian Nasional Perbaikan 2018:

 

                     Sumber Gambar: https://edukasi.kompas.com/read/2018/05/16/10432151/tertarik-ikut-ujian-nasional-perbaikan-ini-syarat-dan-prosedurnya

 

Jadwal penting Ujian Nasional Perbaikan 2018:

4 Juli 2018-13 Juli 2018: Pendaftaran Online.

28 Juli 2018-31 Juli 2018: Pelaksanaan Ujian Nasional Perbaikan.

Buat kalian yang tertarik dan berminat mengikuti Ujian Nasional Perbaikan, kalian bisa melakukan pendaftaran di unp.kemdikbud.go.id. Jangan lupa catat info dan jadwalnya ya!

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *