Daftar 5 Kampus yang Menyediakan Program Kuliah Online atau E-Learning

Kuliah online atau E-Learning ialah salah satu bahan pertimbangan untuk kuliah, yakni salah satunya terbatas oleh waktu dan tempat antara bekerja dan kuliah. Umumnya kuliah online ini banyak digandrungi oleh mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Berminat untuk mengikuti kuliah online? Simak 5 Kampuas yang menyediakan program kuliah online atau e-learning disini!

 

Universitas Mercu Buana

 

Sumber Gambar: kk.mercubuana.ac.id

Kampus pertama yang menyediakan program kuliah online atau e-learning ialah Universitas Mercu Buana. Universitas Mercu Buana menyediakan program kuliah online yang sebenarnya masuk ke dalam program kelas karyawan. Program ini diberikan kepada calon mahasiswa yang sedang bekerja, namun tetap ingin kuliah. Kuliah online Universitas Mercu Buana tersedia dari jenjang S1 hingga S3. Jenjang S1 kelas online Universitas Mercu Buana terdiri dari S1 Fakultas Teknik, S1 Fakultas Ilmu Komputer, S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, S1 Fakultas Seni dan Kreatif, S1 Fakultas Ilmu Komunikasi, dan S1 Fakultas Psikologi. Untuk jenjang S2 Universitas Mercu Buana terdiri dari program Magister Manajemen, Magister Akuntansi,Magister Ilmu Komunikasi, Magister Teknik Elektro, Magister Teknik Industri, Magister Teknik Sipil, dan Magister Teknik Mesin. Sementara program jenjang S3 Universitas Mercu Buana hanya terdapat program studi Manajemen, yang mencakup bidang ilmu Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Pemasaran. Setiap calon mahasiswa yang mengambil program kuliah online atau kelas karyawan di Universitas Mercu Buana, diberikan kebebasan dalam memilih waktu kuliah dan kampus. Perkuliahan berjalan setiap hari Senin sampai Jumat dengan waktu kuliah yang berbeda-beda. Ada 4 pilihan kampus Universitas Mercu Buana, yakni; Kampus Meruya, Kampus Bekasi, Kampus Menteng, dan Kampus Yogyakarta.

Info tentang kelas online atau kelas karyawan Universitas Mercu Buana bisa lihat di https://kk.mercubuana.ac.id/

 

Universitas Bina Nusantara

 

Sumber Gambar: www.binus.edu

Universitas Bina Nusantara atau yang lebih dikenal dengan sebutan Binus menyelenggarakan program kuliah online untuk lulusan SMA / SMK dan lulusan D3 yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi ke jenjang S1. Dalam program kuliah online ini, setiap mahasiswa tetap ada pertemuan belajar mengajar di kelas hanya untuk membahas kasus, diskusi materi kuliah, dan mengikuti ujian tertulis. Dengan adanya program kuliah online Binus, mahasiswa dapat merasakan metode pembelajaran yang tak terbatas oleh waktu dan tempat dan materi kuliahnya pun juga terbatas sehingga dapat menghasilkan pembelajaran yang berkualitas. Kuliah online Binus diikutsertakan oleh mahasiswa dan dosen yang berasal dari berbagai negara. Untuk mengikuti kuliah online Binus, kalian perlu menyiapkan dana sebesar Rp 7 juta sampai Rp 12 juta untuk uang pangkalnya dan uang per semesternya sebesar Rp 1.7 juta sampai Rp 12 juta.

 

Program-program kuliah online Binus mencakup:
-Program lulusan SMA / SMK

Teknik Informatika.

Sistem Informasi.

Business Management.

Akuntansi.

– Program lulusan D3

Sistem Informasi.

Akuntansi.

Business Management.

Info bisa lihat di http://onlinelearning.binus.ac.id/submission-form/sem-0418/?utm_source=Nayaka&utm_medium=SEM&utm_campaign=Online_Learning

 

Universitas Terbuka

 

 

Sumber Gambar: www.jobscdc.com

Universitas Terbuka atau UT menyediakan program kuliah online yang dinamakan UPBJJ. Kabarnya, Universitas Terbuka merupakan Universitas Swasta yang pertama dan terbesar yang membuka kelas online di Indonesia (total ada 40 kampus Universitas Terbuka UPBJJ). UPBJJ Universitas Terbuka terdiri dari D3 dan S1 Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan, serta Fakultas Keguruan dan Pendidikan. Selain itu, UPBJJ UT juga membuka kelas untuk Fakultas Pascasarjana. Kuliah online Universitas Terbuka disajikan dalam bentuk ebook dan fitur-fitur lainnya berupa video, audio, televisi, dan siaran radio. Materi UPBJJ UT terdiri dari 1 sampai 6 sks per mata kuliahnya. Setiap mahasiswa dapat mengikuti waktu pembelajaran selama 96 jam per semesternya. Hanya dengan membayar maksimal Rp 2.5 juta per sksnya, kalian sudah bisa kuliah online di Universitas Terbuka lho!

Info bisa lihat di https://www.ut.ac.id/upbjj-ut

 

Politeknik Elektronika Surabaya

 

Sumber Gambar: politeknikindonesia.belmawa.ristekdikti.go.id

Selanjutnya, Politeknik Elektronika Surabaya membuka program kuliah online yang dinamakan Pendidikan Jarak Jauh. Program ini berlaku hanya untuk jenjang D3 Teknik Informatika serta D4 Teknik Telekomunikasi.

 

Biaya yang dibutuhkan:

Biaya pendaftaran: Rp 300 ribu.

Biaya kuliah: Rp 4.5 juta per semester atau sekitar Rp 900 ribu per bulan.

Biaya Ikoma: Rp 600 ribu sampai Rp 800 ribu.

Biaya lain-lain (sekali bayar): Rp 300 ribu.

Info bisa lihat di http://pjj.pens.ac.id/index.php/pmb-pjj-20182019/

 

Universitas AMIKOM

 

Sumber Gambar: www.kaskus.co.id

Program kuliah online atau kuliah jarak jauh pada Universitas AMIKOM terbilang unik. Program kuliah online ini diberikan kepada calon mahasiswa yang berprofesi sebagai dosen Ilmu Informatika dan Komputer yang belum memiliki gelar S2 (dosen yang mengajar di jenjang D3). Program ini diselenggarakan atas kerjasama antara APTIKOM dengan Universitas AMIKOM serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dalam rangka meningkatkan jumlah dan kualitas tenaga pendidik, khususnya dosen S2 di Indonesia. Program kuliah online atau kuliah jarak jauh Universitas AMIKOM disediakan untuk program studi Magister Teknik Informatika.

Info bisa lihat di http://pjjaptikom.id/wp/

Gimana guys? Semoga info ini bermanfaat buat kalian ya! Bagi kalian yang masih bingung mau kuliah jurusan apa dan dimana, jangan lupa cari dan temukan hanya di www.edumor.com!

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *