Banggalah, 7 Negara Ini Ternyata juga Belajar Bahasa Indonesia Lho!

Negara Indonesia memiliki beragam keunikan seperti makanan, kebudayaan, suku bangsa, alat musik, rumah adat, pakaian adat, dan lain sebagainya. Tidaklah heran jika keunikan tersebut merajarela hingga ke seluruh dunia. Biasanya yang kita ketahui bahwa Bahasa Indonesia hanya dipakai dan dipelajari di Indonesia saja. Tapi ternyata, bukan Indonesia saja lho yang mempelajari Bahasa Indonesia! Hemmm, kira-kira negara mana aja sih yang mempelajari Bahasa Indonesia?

 

Australia

 

Sumber Gambar: en.wikipedia.org

Australia sebagai negara yang dijuluki dengan negara kanguru, ternyata juga mempelajari Bahasa Indonesia lho! Di Australia para pelajar mempelajari Bahasa Indonesia mulai dari jenjang SD hingga perguruan tinggi. Di hitung-hitung ada sekitar 500 sekolah dan 17 perguruan tinggi yang menyediakan program pembelajaran Bahasa Indonesia di Australia.

 

Jepang

Sumber Gambar: www.infojepang.net

Biasanya yang kita ketahui bahwa Jepang merupakan salah satu negara Asia yang cinta dan sangat menghormati bahasanya sendiri. Tapi ternyata pelajar-pelajar di Jepang juga diajarkan Bahasa Indonesia. Kampus di Jepang yang menyediakan program pembelajaran Bahasa Indonesia ialah Tokyo University of Studies, yang berlokasi di Asahicho Fuchu, Jepang. Kampus ini hanya dapat menampung 18 mahasiswa untuk belajar Bahasa Indonesia.

 

Korea Selatan

Sumber Gambar: travel.tribunnews.com

Siapa sangka negara bagian Asia yang dikenal dengan K-Drama dan disebut dengan negara ginseng ini ternyata juga mempelajari Bahasa Indonesia lho! Faktanya, salah satu Universitas ternama di Korea Selatan, yaitu University Foreigns Studies ini merupakan Universitas di Korea Selatan yang diperuntukan bagi  para pelajar untuk belajar berbagai macam bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

 

Suriname

Sumber Gambar: www.suriname-tourism.org

Suriname merupakan salah satu negara yang terletak di kawasan Benua Amerika Selatan yang pernah di jajah oleh Belanda. Dulunya negara Suriname adalah Guyana Belanda. Suriname terletak di perbatasan Guyana Perancis Timur dan Guyana Perancis Barat. 14% masyarakat Suriname adalah masyarakat keturunan Jawa sehingga Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa sehari-hari mereka.

Vietnam

Sumber Gambar: www.hanoitransferservice.com

Negara yang ada di wilayah kawasan Asia Tenggara ini sudah mulai mempelajari Bahasa Indonesia di sekolah dan perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan sejak tahun 2007, Pemerintah Kota Ho Chi Minh meresmikan bahwa Bahasa Indonesia di Vietnam merupakan bahasa kedua yang lebih diutamakan ketimbang bahasa lainnya yang dipelajari dan dipergunakan di negara tersebut. Bahasa lain yang dimaksud  ialah Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, dan Bahasa Perancis.

 

Ukraina

Sumber Gambar: www.business-sweden.se

Ukraina merupakan salah satu negara yang terletak di benua Eropa yang menjalin hubungan bilateral atau hubungan kerjasama dengan negara kita, Indonesia. Demi mempererat hubungan antara Ukraina dengan Indonesia, maka dibentuknya program pendidikan Bahasa Indonesia di salah satu Universitas tertua di Ukraina. Universitas tersebut bernama Taras Shevchenko National University.

 

Hungaria

Sumber Gambar: serf.de

Bahasa Indonesia juga dipelajari di Hungaria, tepatnya di Budapest Business School. Di perguruan tinggi ini, setiap mahasiswa diwajibkan menguasai 2 bahasa asing termasuk Bahasa Indonesia untuk memperoleh gelar S1 dan 3 bahasa asing untuk lulus dengan memperoleh gelar S2.

Selain 7 negara yang telah disebutkan, Kanada dan Kepulauan Hawai juga mempelajari Bahasa Indonesia lho! Gimana, bangga gak bahasa kita ikut dipelajari sampai ke luar negeri?

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *