Hal-hal yang Umumnya Dapat Membatalkan Puasa

Puasa merupakan sebuah tradisi yang pada umumnya dilaksanakan oleh umat muslim di seluruh dunia setiap tahunnya, tepatnya puasa bulan ramadhan. Puasa sebagai salah satu bentuk ibadah yang berguna untuk menambah pahala. Tentunya, selama bulan puasa kita dituntut untuk menahan beberapa hal selama 1 bulan penuh. Jika batal kita harus menerima konsekuensinya berupa membayar puasa dengan suatu tindakan. Berikut ini 5 hal yang umumnya dapat membatalkan puasa:

 

Makan dan minum

 

Sumber Gambar: www.inibaru.id

Puasa merupakan bentuk dari ibadah yang berguna untuk menambah pahala. Biasanya puasa dilakukan dengan menahan rasa lapar dan haus selama satu hari, dimulai dari sehabis sahur sampai magrib. Terhitung puasa berjalan selama 14 jam per hari. Jadi selama puasa berlangsung, kita sama sekali gak boleh makan dan minum. Selama menjalankan ibadah puasa terkadang ada sesuatu yang membuat kita menjadi kelepasan, salah satunya makan dan minum sebelum waktu buka puasa. Tentunya hal ini dapat membatalkan puasa kita, jika dilakukan secara sengaja. Namun, jika kita melakukannya tanpa sengaja, itu tidak membatalkan puasa sama sekali.

 

Merokok dan minum minuman keras

 

Sumber Gambar:  kompak.co

Kedua, selama puasa juga tidak diajurkan untuk merokok maupun minum minuman keras. Merokok memang tidak diperbolehkan selama sedang menunaikan ibadah puasa walaupun rokok tersebut bukan suatu makanan yang masuk sampai ke dalam pencernaan kita. Akan tetapi, rokok dapat menimbulkan rasa kenyang sehingga si perokok tidak mudah lapar dan haus meskipun sedang dalam keadaan puasa. Sama halnya dengan merokok, minum minuman keras atau minuman berakohol sangat-sangat dilarang ketika sedang puasa karena memasukan sesuatu yang menghilangkan rasa haus seperti minum biasa. Dalam ajaran agama Islam, bukan pada saat puasa saja dilarang minum minuman keras, tidak puasa sekalipun tetap tidak boleh minum minuman keras. Minuman berakohol dalam ajaran agama islam, haram hukumnya karena menimbulkan efek mabuk dan tidak baik untuk kesehatan.

 

Infus

Sumber Gambar: nersmukhlis.wordpress.com

Puasa sebulan penuh pasti menimbulkan efek dehidrasi, karena selama puasa cairan tubuh berkurang. Maka tidaklah heran banyak yang sakit. Sakit memang tidak dilarang. Namanya manusia, sakit wajar-wajar saja. Sebenarnya tidak dianjurkan berpuasa ketika dalam kondisi sedang sakit. Akan tetapi selama tubuh masih kuat untuk puasa, sah-sah saja menjalankan puasa sampai waktu berbuka puasa tiba. Seseorang yang sakit sampai harus dirawat di rumah sakit, memungkinkan orang tersebut harus diinfus bukan? Nah, pemberian infus ada 2 fungsi. Pertama infus untuk mengurangi rasa sakit. Kemudian, ada infus berupa cairan yang berfungsi sebagai pengganti makanan. Infus yang dapat membatalkan ibadah puasa ialah infus sebagai pengganti makanan.. Walaupun infus tersebut disuntikan lewat kulit, tetapi dapat menimbulkan efek kenyang. Umumnya, infus berupa cairan pengganti makanan diberikan kepada pasien yang sama sekali tidak bisa makan.

 

Haid

Sumber Gambar: style.tribunnews.com

Kaum hawa atau wanita paling sulit untuk menjalankan ibadah puasa sebulan penuh tanpa kendala apapun. Para wanita mengalami proses haid sehingga menghambat puasa berjalan dengan lancar. Haid yang dialami setiap wanita dapat membatalkan puasa sehingga. Bahkan tidak boleh puasa sama sekali sampai haid selesai. Hal ini dikarenakan berpuasa harus dalam keadaan yang bersih. Sementara darah haid bersifat kotor, yang membuat tubuh kaum wanita menjadi ikut kotor. Dalam kondisi seperti ini, wanita yang sedang haid ketika puasa wajib menggantikan puasa tersebut pada lain waktu dengan jangka waktu yang sama. Misalkan, seorang wanita mengalami haid pada saat puasa selama 5 hari. Setelah satu minggu lebaran, ia melakukan puasa kembali selama 5 hari untuk menggantikan puasa yang lalu.

 

Muntah

Sumber Gambar: hellosehat.com

Muntah sama saja dengan mengeluarkan sesuatu dari dalam perut kita. Namun, apakah muntah ini dapat membatalkan puasa kita? Jawabannya, tergantung. Kalau muntah yang diakibatkan karena rasa mual yang melanda, itu tidak dapat dikatakan batal puasanya. Akan tetapi, jika muntah yang diawali dengan menusuk tenggorokan secara sengaja, nah itu batal tuh puasanya.

Kiat agar puasamu lancar tanpa hambatan ialah perbanyak berdoa dan jangan sampai terlambat sahur. Selamat menunaikan ibadah puasa 1439 H bagi kalian yang merayakannya!

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *