Timeline Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya 2018

Universitas Brawijaya atau UB sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Malang Jawa Timur. Buat kalian yang berminat kuliah di UB, tahun 2018 UB membuka jalur penerimaan mahasiswa baru yang terdiri dari:

– SNMPTN

Jalur SNMPTN ini atau lebih lengkapnya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur pendaftaran melalui jalur undangan, dan diperuntukan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi secara akademik dan non akademik berturut-turut dari semester 1 sampai semester 5. Jadi setiap peserta yang mendaftar melalui jalur SNMPTN, terlebih dahulu harus didaftarkan  oleh pihak sekolah dengan cara mengisi PDSS. Kemudian, siswa tersebut melakukan pendaftaran online SNMPTN di website resmi SNMPTN dengan melengkapi data yang telah diisi oleh pihak sekolah seperti pilihan jurusan, pilihan perguruan tinggi, asal sekolah, bukti nilai rapot, pas foto, sertifikat prestasi, dan masih banyak lagi. Penilaian kelulusan SNMPTN ditentukan berdasarkan hasil nilai rapot pendaftar yakni rata-rata nilai rapot dari semester 1 sampai semester 5, nilai per mata pelajaran di setiap semesternya, jumlah alumni yang pernah diterima di jurusan dan PTN pilihan, prestasi non akademik, dan jurusan serta PTN yang dipilih. Setiap peserta yang lolos wajib melakukan pendaftaran ulang. Melalui SNMPTN, biaya kuliah telah ditanggung oleh Pemerintah dan SNMPTN berlaku untuk jenjang S1 Reguler.

Jadwal penting SNMPTN UB:

3 Januari 2018-10 Febuari 2018: Pengisian dan verifikasi data PDSS.

21 Febuari 2018 – 6 Maret 2018: Pendaftaran online.

17 April 2018: Pengumuman kelulusan.

8 Mei 2018: Pendaftaran ulang calon mahasiswa yang lulus SNMPTN 2018.

Baca info selengkapnya di www.snmptn.ac.id

 

– SBMPTN

Setiap peserta yang telah melakukan pendaftaran SBMPTN akan melakukan tahap ujian secara tertulis atau berbasis komputer dan ujian keterampilan bagi peserta yang memilih jurusan bidang kesenian, musik, dan olahraga. Ujian SBMPTN terdiri dari ujian TPA dan TKD (Saintek, Soshum, atau Campuran). Kelulusannyapun dilihat dari hasil ujian. Untuk biaya studi lewat jalur SBMPTN, biaya studinya disubsidi oleh Pemerintah dan SBMPTN ini difokuskan untuk peserta calon mahasiswa S1 reguler.

Jadwal penting SBMPTN UB:

5 April 2018-27 April 2018: Pendaftaran online.

8 Mei 2018: Ujian tertulis dan ujian berbasis komputer

9 Mei 2018 dan atau 11 Mei 2018: Ujian keterampilan.

Baca info selengkapnya di www.sbmptn.ac.id

 

– Seleksi Mandiri

Selain ada jalur SNMPTN dan SBMPTN, Universitas Brawijaya juga menyediakan jalur masuk penerimaan mahasiswa baru 2018 melalui tahap Seleksi Mandiri. Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya merupakan jalur masuk yang diberikan tanpa mengikuti tes tertulis. Jadi penilaiannya berdasarkan hasil ujian SBMPTN. Maka dari itu, Seleksi Mandiri Univeristas Brawijaya berlaku bagi peserta yang sebelumnya telah mengikuti ujian SBMPTN 2018. Kategori program studi yang dipilih tidak harus sama dengan kategori yang dipilih waktu SBMPTN 2018 dan program studi yang dipilih maksimal 2 program studi. Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya 2018 berlaku bagi setiap lulusan SMA/SMK/MA/MK di tahun 2016 sampai 2018 dengan menyertakan fotocopy ijazah dan Surat Keterangan Lulusan yang telah dilegalisir. Lulusan tahun 2016 sampai 2018 paket C tetap bisa mendaftar Lho! Jadwal Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya 2018 belum ada alias masih menyusul.

Baca info selengkapnya di selma.ub.ac.id/spmk

 

Seleksi Khusus Penyandang Disabilitas

Universitas Brawijaya merupakan salah satu PTN yang menyediakan jalur masuk untuk penyandang disabilitas. Melalui jalur ini, para penyandang disabilitas memiliki kesempatan yang sama untuk menempuh pendidikan layaknya calon mahasiswa lain. Seleksi Khusus Penyandang Disabilitas diselenggarakan dalam bentuk tes ujian tertulis yang meliputi materi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta Kewarganegaraan atau PKN. Selain melalui tahap tertulis, peserta akan mengikuti tahap wawancara bersama dengan orangtua atau wali. Untuk Seleksi Khusus Penyandang Disabilitas 2018 jadwalnya masih menyusul.

Baca info selengkapnya di selma.ub.ac.id/seleksi-program-khusus-penyandang-disabilitas

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *