Parents, Ini Lho Bahan Makanan yang Berbahaya Apabila dikonsumsi Bersamaan!

Mie dan Nasi

Siapa sih yang gak suka mengkonsumsi mie, termasuk mie instant? Salah satu produk makanan ini merupakan produk yang paling banyak dan paling sering dikonsumsi oleh masyarakat, apalagi masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak di lidah, harga murah, dan mudah diolah. Semua kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa sekalipun pasti suka mengkonsumsi produk mie. Tahukah anda bahwa ternyata beragam produk mie, baik mie instant maupun mie lainnya tidak baik dikonsumsi secara bersamaan dengan nasi. Faktanya, mie dan nasi memiliki kandungan karhobidrat yang sangat tinggi. Karbohidrat bertemu dengan karhobidrat akan menjadi Glukosa. Apabila parents menyajikan mie dan nasi untuk dikonsumsi secara bersamaan, maka akan terjadi proses penumpukan lemak. Secara tidak disadari hal ini dapat menyebabkan penyakit diabetes dan obesitas jika mie dan nasi dikonsumsi secara bersamaan dalam porsi terlalu banyak dan dalam jangka waktu terlalu sering. Untuk mencegah anggota keluarga anda terjangkit diabetes atau obesitas, sebisa mungkin hindarilah mengkonsumsi mie dan nasi secara bersamaan.

 

Susu bercampur teh, coklat, atau buah-buahan

Produk membahayakan selanjutnya ialah susu. Susu akan sangat berbahaya bila dikonsumsi bersamaan dengan teh, coklat, atau buah-buahan. Susu mengandung Protein, Mineral, Kalsium, Seng, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, dan Lemak. Produk teh kaya akan kandungan Energi, Kalsium, Fosfor, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, Karbohidrat, Protein, Lemak, dan Zat Besi. Sedangkan Cokelat mengandung Gula, Kafein, Mineral Asensial, Lemak, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin C, Vitamin E, Asam Patotenat, Feniletilamin, dan Antidioksidan. Teh, coklat, dan buah-buahan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jika teh, coklat, atau buah-buah dikonsumsi bersamaan dengan susu akan menurunkan kualitas Kalsium dan Protein yang terdapat pada susu tersebut sehingga dapat menimbulkan penyakit batu ginjal, terganggunya daya tahan tubuh, dapat menyebabkan serangan jantung, diabetes, obesitas, dan asam lambung. Oleh karena itu sebaiknya jangan membiasakan minum susu dicampur teh, coklat, atau buah-buahan.

 

Bayam dan kedelai

Bayam merupakan jenis sayur hijau yang kaya akan Asam Oksalat, Kalsium, Magnesium, Kalium, Zat Besi, Fosfor, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin E, Seng, dan Mangan. Produk olahan berbahan kedelai seperti tahu dan tempe ini mengandung tinggi protein, Kalsium, Magnesium, Fosfor, Zat Besi, Mangan, dan Seng. Asam Oksalat yang terkandung pada sayur bayam jika bercampur dengan Kalsium yang ada di produk kedelai akan membentuk Kristal Oksalat yang sulit diserap oleh tubuh khususnya usus dan lambung.

 

Produk Asam Laktat dan Daging Ham

Asam Laktat merupakan bakteri yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti bagus untuk pencernaan. Produk yang mengandung Asam Laktat seperti acar, kimchi, yogurt, keju, wine, dan tahu. Semua produk yang kaya akan asam laktat tidak baik dikonsumsi secara bersamaan dengan daging ham lho parents!  Produk campuran yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat yakni keju dengan ham. Daging ham mengandung Nitrat yang jika dicampur dengan Asam Laktat (sejenis Asam Organik) ternyata dapat mendorong terjadinya penyakit kanker.

 

Udang dan makanan minuman yang mengandung Vitamin C

Selain udang memiliki resiko alergi, nyatanya udang dapat beresiko bagi kesehatan hati, jantung, usus, pembulu darah melebar, ginjal, dan rusaknya pembulu darah jika sering atau terlalu banyak dikonsumsi bersama makanan atau minuman yang mengandung Vitamin C. Hal seperti ini terjadi ketika udang yang mengandung Arsenic Pentoxide bercampur dengan makanan atau minuman yang mengandung Vitamin C, kandungan dalam udang tersebut akan berubah menjadi Arsenic Trioxide (zat beracun).

 

Lobak dan Wortel

Lobak memiliki kasiat yang bagus bagi kesehatan, yakni dapat menyembuhkan batuk, mengencerkan dahak, dan menguragi perut kembung. Namun lobak ini tidak boleh dimasak dan dikonsumsi secara bersamaan dengan sayur wortel. Kenapa? Karna kandungan zat pemecah Asam Askrobat yang terdapat di sayur wortel dapat merusak Vitamin yang terkandung di sayur lobak. Selain sayur wortel yang tidak boleh dicampur dengan lobak, ada produk lainnya seperti buah apel, buah anggur, buah jeruk, dan ginseng.

 

Buah asam dan buah manis

Kita dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan, baik itu buah yang berasa manis maupun buah yang berasa asam. Akan tetapi makan buah ada aturan tertentu. Buah yang berasa asam tidak boleh dimakan bersamaan dengan buah yang berasa manis. Jadi kalau mau makan buah sebaiknya makanlah jenis buah yang seimbang (manis dengan manis, asam dengan asam). Makan buah manis dengan buah asam ternyata dapat menghambat glukosa di dalam tubuh.

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *