Alternatif Masuk PTN jika Gagal SNMPTN 2018

Gimana guys hasil pengumuman SNMPTN 2018nya? Buat yang belum lulus jangan berkecil hati dan terus berjuang ya! Kalau kalian belum lulus SNMPTN 2018 masih ada alternatif lainnya yang bisa kalian manfaatkan agar tetap bisa masuk PTN favorit kalian. Alternatif-alternatif tersebut antara lainnya

 

1. SBMPTN

Tahun 2018, peserta yang lolos SNMPTN diperbolehkan mendaftar ke jalur SBMPTN tanpa adanya sistem blacklist. Nah, buat kalian yang gagal SNMPTN tentu kalian masih bisa masuk ke PTN favorit kalian melalui jalur SBMPTN. SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ialah jalur masuk PTN dengan cara mengikuti ujian tertulis secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Jika SNMPTN memiliki sistem penilaian berdasarkan prestasi akademik maupun non akademik, jalur SBMPTN justru sistem penilaiannya berdasarkan ujian tertulis dan ujian keterampilan. Kabarnya di tahun 2018 sistem penilaian ujian SBMPTN tidak lagi menggunakan sistem pengurangan point seperti jawaban benar skor +4, jawaban salah skor -1, dan jawaban kosong skor 0. Panitia penyelenggara SBMPTN 2018 merobak sistem penilaian ujian SBMPTN berdasarkan tingkat kesulitan soal dengan metode jawaban benar skor 1 dan jawaban salah maupun jawaban kosong skor 0. Oh ya, pendaftaran SBMPTN sudah dibuka sampai 27 April lho! Buruan daftarkan dirimu segera!

Info bisa lihat di www.sbmptn.ac.id

 

2. Jalur Mandiri PTN

Berikutnya kalian juga bisa kok masuk PTN melalui jalur mandiri. Jalur mandiri ini diselenggarakan sendiri oleh pihak kampus. Jadi waktu pendaftaran dan pelaksanaannya tergantung PTN yang bersangkutan. Jalur Mandiri masuk PTN ada yang diikutsertakan dengan mengikuti ujian tertulis dan ujian non tulis. Setiap peserta yang lulus melalui jalur mandiri ini, umumnya biaya pendidikannya lebih mahal daripada jalur SBMPTN. Dalam jalur mandiri ada yang dinamakan sistem BKT dan UKT. BKT atau Biaya Kuliah Tunggal merupakan biaya kuliah yang dibayar per semester (tidak ada uang pangkal atau uang gedung) dan UKT atau Uang Kuliah Tunggal merupakan biaya kuliah yang dibayar per semester berdasarkan gaji atau penghasilan orangtua.

PTN yang membuka jalur mandiri 2018:

Universitas Indonesia. Info bisa lihat di www.penerimaan.ui.ac.id

Universitas Diponegoro. Info bisa lihat di www.um.undip.ac.id

Universitas Jenderal Soedirman. Info bisa lihat di www.spmb.unsoed.ac.id

Universitas Negeri Yogyakarta. Info bisa lihat di www.pmb.uny.ac.id

Universitas Negeri Sebelas Maret. Info bisa lihat di www.spmb.uns.ac.id

Universitas Airlangga. Info bisa lihat di www.ppmb.unair.ac.id

 

3. Jalur Masuk Sekolah Kedinasan

Perguruan Tinggi itu ada beragam macamnya yang terdiri dari Universitas, Politeknik, Akademi, Sekolah Tinggi, dan Institut. Dan ada pula yang dinamakan Sekolah Kedinasan. Apa itu Sekolah Kedinasan? Sekolah Kedinasan merupakan sekolah pendidikan tinggi yang dinaungi oleh Pemerintah dan Kementerian. Setiap mahasiswa yang menempuh pendidikan disana wajib menjalankan pekerjaan di kantor Kementerian. Misalnya menjadi seorang PNS. Umumnya para mahasiswa di sekolah kedinasan biaya pendidikannya ditanggung oleh Pemerintah dan mendapatkan tunjangan dinas. Akan tetapi, masuk sekolah kedinasan itu tidak mudah lho! Ujian masuknya susah dan ketat banget. Apalagi sistem pendidikannya juga ketat dan disiplin layaknya sedang mengikuti kegiatan militer.

Untuk info masuk sekolah kedinasan kalian bisa baca di www.edumor.com/blog/2018/04/17/daftar-penerimaan-mahasiswa-baru-sekolah-kedinasan-2018/

 

4. Seleksi Mandiri Politeknik Negeri

Untuk Jalur yang satu ini sama seperti SBMPTN dan jalur mandiri. Cuman difokuskan bagi kalian yang ingin masuk perguruan tinggi Politeknik Negeri. Seleksi Mandiri Politeknik Negeri diselengarakan secara mandiri oleh Politeknik yang bersangkutan. Waktu pendaftaran dan pelaksanaan ujiannyapun tidak dilaksanakan serentak seperti SNMPTN dan SBMPTN.

Untuk infonya kalian bisa lihat di kelembagaan.ristekdikti.go.id/index.php/2017/06/09/jadwal-lengkap-seleksi-mandiri-politeknik-negeri-seluruh-indonesia/

 

5. Jalur Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri

Jalur Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dinamakan UM-PTKIN merupakan seleksi mandiri yang diselenggarakan secara serentak oleh panitia penyelenggara  di bawah naungan Menteri Agama RI. Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan UM-PTKIN yakni Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri, Universitas Islam Negeri, dan Institut Agama Islam Indonesia yang ada di seluruh Indonesia. Jalur masuk ini juga berlaku bagi peserta Bidikmisi. UM-PTKIN sama seperti ujian mandiri yang mana biaya pendidikannya ditanggung oleh calon mahasiswa dan Kementerian Agama.

Untuk infonya kalian bisa lihat di www.um-ptkin.ac.id/home/informasi

Nah, dicatat ya info-infonya, kalau perlu share ke seluruh sosial media dan orang-orang di sekitar kalian! Jangan lupa cari dan temukan jurusan, perguruan tinggi, beasiswa, serta karir yang cocok hanya di www.edumor.com!

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *