Langkah-langkah Pendaftaran & Jadwal Waktu Pelaksanaan Ujian SBMPTN 2018

Mulai Tanggal 5 April 2018 dibukanya pendaftaran online ujian SBMPTN periode 2018 sampai 27 April 2018 berlaku untuk calon mahasiswa yang memilih ujian berbasis tertulis. Sementara untuk ujian berbasis komputer, pendaftarannya di buka pada 18 April sampai 27 April 2018. Pelaksanaan ujian SBMPTN tertulis maupun berbasis komputer keduanya sama-sama dilaksanakan pada 8 Mei 2018, bertepatan dengan pengumuman kelulusan SNMPTN 2018. Gimana nih, kalian udah siap daftar belum? Tentunya harus sudah pada siapa dong! Berikut ini merupakan beberapa alur pendaftaran SBMPTN 2018 bagi peserta reguler dan peserta Bidikmisi serta jadwal waktu pelaksanaan ujian SBMPTN 2018:

 

Alur Pendaftaran SBMPTN Reguler:

 

 

1. Pertama kalian masuk ke halaman website pendaftaran online SBMPTN di www.pendaftaran.sbmptn.ac.id.

2. Kemudian kalian memilih menu A dengan mengklik belum memiliki KAP & PIN. Setelah itu isi data yang diminta untuk memperoleh KAP, PIN, serta kode pembayaran yang berlaku selama 3 x 24 jam.

3. Lakukan pembayaran ke bank tujuan dengan menyertakan KIP, PIN, serta kode pembayaran yang sudah diberikan.

4. Jika KAP, PIN, serta kode pembayaran tersebut telah expired atau sudah tidak berlaku lagi, maka kalian harus melakukan pendaftaran KAP, PIN, dan kode pembayaran baru.

5. Jika KAP, PIN, serta kode pembayaran tersebut masih berlaku maka pihak bank yang bersangkutan menerima pembayaran sesuai dengan kode pembayaran kalian.

6. Pihak bank yang telah menerima pembayaran akan memberikan tanda bahwa kalian telah melakukan pembayaran.

7. Setelah itu pihak bank mencetak bukti pembayaran.

8. Setelah bukti pembayaran diterima, maka kalian kembali lagi ke halaman pendaftaran SBMPTN dengan memilih menu B menggunakan KAP dan PIN  untuk mengisi data pendaftaran secara lengkap

 

  Alur Pendaftaran SBMPTN Bidikmisi:

 

 

1. Bagi kalian bukan beserta SNMPTN yang ingin mendaftar SBMPTN melalui Bidikmisi, kalian bisa daftar Bidikimisi terlebih dahulu melalui www.belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi.

2. Selesai mendaftar Bidikmisi, pihak Bidikmisi memberikan kalian kartu peserta beserta KAP dan PIN peserta Bidikmisi.

3. Kalian masuk ke halaman pendaftaran SBMPTN dengan memilih menu B menggunakan KAP dan PIN untuk mengisi data pendaftaran secara lengkap.

4. Sedangkan, untuk kalian peserta SNMPTN yang sudah diterima di SNMPTN 2018 tapi ingin mendaftar lagi di jalur SBMPTN, kalian masuk ke halaman website pendaftaran online SBMPTN di www.pendaftaran.sbmptn.ac.id.

5. Kemudian kalian memilih menu A dengan mengklik belum memiliki KAP & PIN. Setelah itu isi data yang diminta untuk memperoleh KAP, PIN, serta kode pembayaran yang berlaku selama 3 x 24 jam.

6. Lakukan pembayaran ke bank tujuan dengan menyertakan KAP, PIN, serta kode pembayaran yang sudah diberikan.

7. Jika KAP, PIN, serta kode pembayaran tersebut telah expired atau sudah tidak berlaku lagi, maka kalian harus melakukan pendaftaran KAP, PIN, dan kode pembayaran baru.

8. Jika KAP, PIN, serta kode pembayaran tersebut masih berlaku maka pihak bank yang bersangkutan menerima pembayaran sesuai dengan kode pembayaran kalian.

9. Pihak bank yang telah menerima pembayaran akan memberikan tanda bahwa kalian telah melakukan pembayaran.

10. Setelah itu pihak bank mencetak bukti pembayaran.

11. Setelah bukti pembayaran diterima, maka kalian kembali lagi ke halaman pendaftaran SBMPTN dengan memilih menu B menggunakan KAP dan PIN  untuk mengisi data pendaftaran secara lengkap.

12. Sedangkan kalian peserta SNMPTN yang gagal lolos SNMPTN, bisa masuk halaman pendaftaran SBMPTN dengan memilih menu B menggunakan KAP dan PIN  untuk mengisi data pendaftaran secara lengkap.

 

Jadwal waktu pelaksanaan ujian SBMPTN 2018:

 

 

Untuk ujian keterampilan diselenggarakan pada 9 Mei 2018 dan atau 11 Mei 2018.

Jangan lupa cari jurusan, perguruan tinggi, beasiswa, serta karir yang cocok hanya di www.edumor.com! Tidak ketinggalan like Facebook Fanpage edumor di edumor indonesia dan follow akun instagramnya di @edumorcampus untuk mendapatkan konten menarik berupa artikel-artikel seputar kuliah atau pendidikan lainnya secara up to date.

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *