Jalur-Jalur Masuk Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada atau yang lebih dikenal dengan sebutan UGM adalah salah satu PTN terbaik dan terfavorit di kota Yogyakarta, Jawa Tengah. Kalian termasuk yang punya cita-cita kuliah di UGM? Pas banget nih guys, kali ini edumor akan bahas informasi mengenai jalur-jalur masuk apa saja yang ada di UGM. Yuk disimak!

 

1. Jalur masuk program Sarjana:

 

Sumber Gambar: magazine.job-like.com

 

SNMPTN

SNMPTN merupakan salah satu jalur masuk PTN berdasarkan prestasi akademik maupun non akademik atau prestasi penunjang lainnya yang diraih oleh siswa SMA dan SMK. Prestasi akademik yang dilihat adalah rata-rata nilai rapot dari semester 1 sampai 5 dan nilai per mata pelajaran sesuai penjurusan di sekolah khusus untuk siswa yang berasal dari lulusan SMA. Sementara siswa yang berasal dari lulusan SMK, prestasi akademik yang dilihat adalah rata-rata rapot semester 1 sampai 7. Setiap siswa juga dimintai Fotoforlio akademik atau sertifikat prestasi. Kebeterimaan SNMPTN tidak hanya dilihat berdasarkan prestasi tapi juga dilihat berdasarkan jumlah alumni yang pernah diterima di jurusan dan PTN pilihanmu. Semakin banyak alumni di jurusan dan PTN pilihanmu, semakin besar pula peluangmu untuk diterima.

Info snmptn.ac.id

 

SBMPTN

Selain SNMPTN, kalian bisa coba masuk PTN melalui jalur SBMPTN. SBMPTN ialah jalur masuk PTN dengan melaksanakan ujian tertulis secara serentak di seluruh Indonesia. Tentunya hasil yang dilihat adalah hasil ujian tertulis atau ujian berbasis komputer dan ujian keterampilan bagi peserta yang memilih kategori jurusan kesenian, musik, dan olahraga. Salah satu syarat untuk mendaftar SBMPTN 2018 adalah merupakan siswa SMA/SMK/MA yang akan lulus di tahun 2018 atau telah lulus di tahun 2016 dan 2017.

Info sbmptn.ac.id

 

Ujian Tulis atau Utul UGM

UGM juga menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri berupa ujian tulis atau yang lebih dikenal dengan sebuatan Utul UGM. Utul UGM diselenggarakan secara mandiri oleh pihak perguruan tinggi. Jadi waktu pelaksanaannya ditentukan sendiri oleh pihak perguruan tinggi. Utul UGM berlaku untuk calon mahasiswa program D3 dan S1 dengan mengerjakan soal tertulis yang terdiri dari kategori Saintek (soal TPA dan TKD Saintek), kategori Soshum (soal TPA dan TKD Soshum), dan kategori Campuran (soal TPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum).

Info um.ugm.ac.id

 

2. Jalur masuk Program Profesi:

 

Sumber Gambar: www.sisternet.co.id

 

Program profesi ini merupakan program pendidikan tinggi dimana mahasiswa akan memperoleh gelar profesi dari program studi tertentu.Jalur masuk ini dibuka setiap 2 kali dalam setahun, tepatnya di Program Profesi UGM membuka jalur masuk penerimaan mahasiswa baru, yakni:

 

Jalur Umum

Ialah jalur masuk yang diperuntukan bagi calon mahasiswa baru yang bukan berasal dari lulusan kampus UGM dengan memilih program studi Profesi Akuntasi.

 

Jalur Khusus

Jalur Khusus ini adalah jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang berasal dari lulusan kampus UGM yang ingin memilih program studi Profesi Perawat, Profesi Dokter, Profesi Dokter Gigi, Profesi Dokter Hewan, Profesi Apoteker, dan Profesi Akuntansi.

Info um.ugm.ac.id

 

3. Jalur Pascasarjana:

 

Sumber Gambar: www.hipwee.com

 

Teruntuk kalian yang ingin masuk UGM jenjang Pascasarjana, ada 3 pilihan jalur masuk yang bisa kalian pilih yaitu

Jalur Reguler

Adalah jalur masuk UGM jenjang Pascasarjana untuk calon mahasiswa yang sedang mengikuti program beasiswa, merupakan calon mahasiswa yang biaya kuliah ditanggung sendiri, dan calon mahasiswa yang biaya kuliahnya ditanggung oleh perusahaan.

 

Jalur Kerjasama

UGM sendiri menjalin kerjasama dengan berbagai mitra seperti lembaga, organisasi, yayasan, serta perusahaan untuk membiayai biaya pendidikan calon mahasiswa. Bagi setiap calon peserta yang biaya pendidikannya dibiayai oleh mitra-mitra UGM dapat mendaftar ke program Pascasarjana melalui Jalur Kerjasama.

 

Jalur Internasional

UGM merupakan salah satu PTN yang banyak diminati oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia, bahkan calon mahasiswa warga negara asing. Oleh karena itu, dalam Program Pascasarjana, UGM membuka jalur penerimaan mahasiswa baru yakni Jalur Internasional. Jalur Internasional ialah jalur masuk yang diperuntukan bagi calon mahasiswa berkewarganegaraan asing atau WNA.

Info um.ugm.ac.id

 

UGM tidak hanya membuka jenjang pendidikan program Sarjana, Pascasarjana, dan Program Profesi, melainkan UGM juga menyediakan program pendidikan Vokasi atau Diploma. Program pendidikan Vokasi UGM membuka 4 jalur penerimaan mahasiswa baru yang terdiri Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu Sekolah Vokasi, Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan Sekolah Vokasi, Penelusuran Bibit Unggul Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Kejuruan Sekolah Vokasi, serta Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi Sekolah Vokasi.

Sekian informasi-informasi tersebut. Semoga membantu! Nah, jangan lupa kalau mau cari jurusan, perguruan tinggi, beasiswa, serta karir yang cocok, kalian bisa cari dan temukan di www.edumor.com. Dan daftarkan akun pribadi kalian di www.edumor.com/signup untuk mendapatkan update info seputar kuliah lebih banyak lagi!

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *