6 Jenis Tes Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang hampir semua negara menggunakan bahasa tersebut, termasuk negara kita Indonesia. Dengan adanya Bahasa Inggris, kita dipermudah berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di berbagai negara. Maka dari itu mengapa Bahasa Inggris sangatlah penting. Jadi tidaklah heran zaman sekarang sudah banyak orangtua yang mengajarkan Bahasa Inggris sejak anaknya masih usia dini. Berikut ini adalah beberapa jenis tes Bahasa Inggris yang perlu kalian ketahui. Sangat berguna buat kalian yang pengen studi dan bekerja di luar negeri

TOEFL

 

Sumber Gambar: www.abaenglish.com

 

Jenis tes bahasa inggris yang paling banyak diketahui oleh masyarakat luas adalah tes TOEFL. Tes TOEFL bertujuan untuk menguji seberapa besar kemampuan bahasa inggris kalian, terutama bahasa inggris amerika. Umumnya TOEFL digunakan untuk studi atau bekerja di luar negeri. Namun ada juga perguruan tinggi di Indonesia yang mengharuskan calon mahasiswanya memiliki skor TOEFL untuk program pendidikan tertentu. Selain itu TOEFL juga dibutuhkan untuk bekerja di perusahaan-perusahaan asing yang ada di Indonesia. Berapa sih skor TOEFL yang harus dicapai? TOEFL memiliki target nilai yang harus dicapai minimal 500. Tes TOEFL sendiri terdiri dari membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara yang disajikan dalam bentuk tes tertulis, tes berbasis komputer (menggunakan software), dan tes berbasis internet (menggunakan komputer yang tersambung ke internet).

 

IELTS

 

Sumber Gambar: old.ppidunia.org

 

Tes IELTS sebenarnya hampir sama dengan tes TOEFL. Keduanya sama-sama bertujuan untuk mengukur kemampuan bahasa inggris kalian. Bedanya, bahasa inggris yang digunakan dalam tes IELTS adalah bahasa inggris british. Ada beberapa negara yang membutuhkan IELTS seperti Australia, Inggris, dan New Zealand. Tes TOEFL ini juga bisa kalian gunakan untuk studi dan bekerja di luar negeri dengan ketentuan skor yang harus dicapai minimal 6.0. Dalam tahap tes IELTS, kalian akan dihadapkan dengan tes teori dan tes praktek. Tes teori IELTS ini berupa tes akademik menulis, membaca, mendengarkan, dan berbicara. Sedangkan tes prakteknya hanya berupa tes membaca dan menulis di depan tim penguji.

 

TOEIC

 

Sumber Gambar: capecia-formations.fr

 

Yang ketiga ini ada tes TOEIC. Tes TOEIC tujuannya untuk mengukur seberapa besar kemampuan bahasa inggris kalian dari level menengah sampai level akhir. TOEIC disesuaikan dengan standard bahasa inggris di seluruh dunia yang dibutuhkan untuk merekrut karyawan baru, menaikkan jabatan karyawan di suatu perusahaan, pelatihan program karyawan, promosi karyawan, serta mengukur kemampuan bahasa inggris siswa dan mahasiswa.

 

SAT

 

Sumber Gambar: goodschoolhunting.org

 

Pasti kalian belum pernah dengar apa itu tes SAT bukan? SAT merupakan tes bahasa inggris berupa ujian kemampuan dan keterampilan untuk kuliah di perguruan-perguruan tinggi di Amerika dan Inggris. Tes bahasa inggris SAT terdiri dari 5 kategori tes, yakni ada tes membaca dan menulis, tes membaca, tes menulis dan bahasa, tes matematika, dan tes essai. Tes SAT diberikan dalam kurun waktu 3 jam 45 menit. Kalian dinyatakan lulus masuk ke perguruan tinggi di Amerika atau Inggris, jika kalian berhasil memperoleh hasil tes minimal 1.600 maksimal 2.400.

 

GRE

 

Sumber Gambar: www.emporia.edu

 

Kalian berminat kuliah keluar negeri? Untuk kuliah jenjang S2 dan S3 di luar negeri, terlebih dahulu kalian harus mengikuti tes GRE. Tes ini merupakan tes masuk ke perguruan-perguruan tinggi yang ada di Amerika khusus jenjang S2 dan S3 yang diberikan dalam bentuk tes membaca bacaan yang rumit serta tes menganalisa.

 

GMAT

 

Sumber Gambar: www.topmba.com

 

Yang terakhir ada tes bahasa inggris GMAT. Tes ini umumnya digunakan untuk kuliah di luar negeri bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi dengan gelar MBA pada bidang program studi tertentu, yakni bidang manajemen dan bisnis.

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *