Kampus di Indonesia yang Menyediakan Fasilitas Tempat Tinggal

Ada beragam jenis calon mahasiswa yang kerap kali kita jumpai, salah satunya adalah mahasiswa perantauan. Sudah dari dulu banyak sekali orang-orang merantau ke berbagai daerah untuk menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi incarannya. Kalau menjadi mahasiswa perantauan, mau gak mau kita harus tinggal jauh dari orangtua dengan cara ngekost, sewa kontrakan, atau gak tinggal di asrama bukan? Oleh karena itu, edumor sudah siapin nih universitas mana aja yang menyediakan fasilitas tempat tinggal, cocok untuk kalian sebagai calon mahasiswa perantau.

 

Universitas Negeri Sebelas Maret

Universitas Negeri Sebelas Maret merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Solo yang berlokasi di Jl. Ir. Sutami 36 A. UNS menyediakan fasilitas asrama kampus untuk semua mahasiswa UNS yang tinggal di luar wilayah Solo. Gedung asrama UNS tersedia sebanyak 4 gedung. Masing-masing gedung asrama disediakan kamar yang bisa dihuni untuk 1 orang mahasiswa dan ada yang bisa dihuni untuk 2 orang mahasiswa. Asrama UNS dilengkapi pula dengan fasilitas kantin, ruang rapat, dan ruang tamu. Untuk harga dan pertanyaan lain seputar Asrama UNS, kalian bisa tanya lewat email di asrama01mahasiswauns@gmail.com.

 

Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran menyediakan fasilitas asrama bagi setiap mahasiswa baru khususnya mahasiswa baru yang memperoleh bantuan dana pendidikan Bidikmisi. Asrama Unpad ini juga dipakai oleh mahasiswa-mahasiswa kedokteran dan farmasi. Untuk menikmati fasilitas asrama ini, kalian bisa membayar biaya sewa sebesar Rp 125.000 per bulannya. Menariknya, pihak Universitas menganjurkan seluruh mahasiswa baru untuk menetap di asrama pada tahun pertama perkuliahan. Selanjutnya kalian bebas memilih, mau lanjut tinggal di asrama atau tidak.

 

Universitas Gadjahmada

Berikutnya ada Universitas Gadjah Mada yang merupakan salah satu PTN incarannya calon mahasiswa baru dari seluruh Indonesia. Kampus Universitas Gadjah Mada lebih tepatnya berada di wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah. UGM juga menyediakan fasilitas asrama bagi setiap mahasiswa baru dari luar wilayah Yogyakarta. Kehidupan di asrama UGM bisa digambarkan seperti di asrama yang ada di film-film lho! Kalian yang tinggal di asrama wajib mengikuti kegiatan dan tata tertib yang sudah dibuat, yakni wajib mengikuti kegiatan pengembangan soft skill seperti kegiatan menggalih potensi diri, berinteraksi satu sama lain, belajar untuk menjadi seorang mahasiswa sukses, latihan dasar-dasar kepemimpinan, hingga tes TOEFL dengan waktu partisipasi minimal 4 kali. Intinya selama di asrama kalian gak cuma tinggal aja tapi melaksanakan kegiatan yang sudah dibuat oleh pihak asrama sendiri.

 

Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta menyediakan beragam fasilitas tempat tinggal yang cocok bagi setiap mahasiswa UNJ yang bertempat tinggal jauh dari kampus ataupun mahasiswa perantauan. Ada 4 macam jenis tempat tinggal yang berada di sekitar kampus UNJ. Pertama ada Rusunawa, yaitu tempat tinggal semacam asrama yang berbentuk rumah susun. Rusunawa UNJ ini tersedia sebanyak 98 kamar, masing-masing kamar dapat dihuni sekitar 3-4 orang mahasiswa. Selama tinggal, kalian akan mendapatkan fasilitas lengkap seperti WC, lobby, ruang tamu, ruang belajar, kamar mandi, lapangan bola, gazebo, kantin, muzhola, dan masih ada banyak fasilitas penunjang lainnya. Selain itu setiap mahasiswa UNJ yang tinggal di rusunawa wajib untuk mengikuti kegiatan organisasi, keagamaan, bahasa, keolahragaan, dan kegiatan diskusi. Rusunawa UNJ ini sebenarnya lebih diprioritaskan untuk mahasiswa kurang mampu dan mahasiswa yang berasal dari luar Jakarta. Selanjutnya kalian bisa pilih tinggal di Wisma UNJ letaknya berada di kawasan kampus UNJ. Wisma UNJ tersedia sebanyak 3 lantai dengan lingkungan yang sangat aman, nyaman, dan sejuk. Tentunya lokasinya juga strategis. Tempat tinggal selanjutnya ada Indekos. Indekos ini merupakan kost-kostan yang dapat disewakan oleh setiap mahasiswa-mahasiswa UNJ dengan kisaran harga Rp 800.000 sampai Rp 1.000.000 per bulan. Indekos sekitar UNJ menyediakan fasilitas penjunjang seperti minimarket, warteg, kafe, tempat foto copy, warnet, dan ada toko bukanya juga lho! Selain itu juga kalau kalian gak mau tinggal di asrama atau ngekos, kalian juga bisa sewa kontrakan yang ada di sekitar kampus Bahasa dan Seni UNJ. Umumnya kontrakan ini dapat menampung 4-6 orang per rumah. Fasilitasnya juga gak kalah lengkap kok.

 

Universitas Negeri Airlangga

Selanjutnya ada Universitas Airlangga yang juga menyediakan fasilitas tempat tinggal untuk mahasiswa-mahasiswa Universitas Negeri Airlangga atau yang lebih dikenal dengan sebutan UNAIR. UNAIR sebagai salah satu PTN yang masuk dalam jajaran Universitas terbaik di Indonesia dan di dunia, menyediakan fasilitas tempat tinggal untuk mahasiswa seperti asrama, kost, dan kontrakan. Yang paling banyak peminatnya ialah asrama UNAIR. Kenapa? Asrama UNAIR menyediakan fasilitas lengkap dengan harga yang tetap murah dan terjangkau. Untuk tinggal di asrama, kalian bisa membayar biaya sewa sebesar Rp 150.000 per bulannya. Dengan biaya tersebut, kalian bisa menikmati fasilitas penunjang seperti aula, kantin, koperasi, mushola, wifi, dan dapur umum. Tidak semua mahasiswa UNAIR bisa tinggal di asrama lho! Untuk tinggal di asrama UNAIR terlebih dahulu kalian harus daftar dulu sebagai calon mahasiswa UNAIR dan menyerahkan berkas-berkas yang diperlukan. Setelah mendaftar dan menyerahkan berkas, kalian akan mengikuti tahap seleksi yang diselenggarakan pihak asrama UNAIR. Jika kalian dinyatakan lolos seleksi, maka kalian berhak tinggal di asrama UNAIR selama setahun. Selama di asrama keamanan kalian terjaga kok, soalnya asrama UNAIR sudah dijaga ketat 24 jam non stop oleh pihak keamanan. Tinggal di asrama ini bukan berarti kalian bisa bebas berkeliaran dan beraktivitas lho! Setiap mahasiswa yang tinggal di asrama wajib berada di asrama sebelum jam 10 malam dan wajib mengikuti kegiatan pelatihan hard skill dan soft skill setiap 3 bulan sekali  guna membentuk rasa tanggungjawab dan displin kalian. Bagi setiap mahasiswa yang tinggal di asrama yang melanggar tata tertib, akan dikenakan denda berupa tidak diperpanjang masa tinggal di asrama.

 

Telkom University

Dalam penyelenggaraan program pendidikan, Telkom University yang berlokasi Bandung, Jawa Barat menyediakan fasilitas tempat tinggal berupa asrama yang wajib ditinggali oleh mahasiswa baru pada tahun pertama masuk perkuliahan. Biaya tinggal diasrama ini dibayarkan pada saat penerimaan mahasiswa baru dan biaya tersebut belum termasuk ke dalam biaya makan dan minum, wifi, listrik, dan biaya laundry. Biaya yang dikeluarkan oleh masing-masing mahasiswa baru hanya sebatas biaya pelatihan soft skill saja. Jadi setiap mahasiswa yang tinggal di asrama Telkom wajib mengikuti pelatihan soft skill dalam bentuk seminar selama satu tahun, lebih tepatnya dari semester 1 sampai semester 2. Asrama Telkom University terbagi menjadi 2 asrama, yakni asrama putri dan asrama putra yang gedungnya terpisah dan dalam satu kamar terdiri dari mahasiswa yang berasal dari jurusan atau fakultas yang berbeda-beda. Asrama Telkom disediakan fasilitas berupa kamar tidur, meja belajar, kamar mandi, WC umum, sofa, TV, dapur, aula, mushola, wifi, lapangan futsal, kolam renang, lapangan tenis, jogging track, laundry, kliknik, kantin, serta tempat parkir.

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *